PENGARUH PUTARAN CUTTER MESIN DAN KECEPATAN FEEDING MESIN HNC (HORIZONTAL BORING AND MILLING CNC) TOSHIBA BT-160S PADA PROSES MACHINING LOCOMOTIVE TRUCK FRAME TERHADAP KUALITAS HASIL PRODUKSI DI PT. BARATA INDONESIA

EFFECT OF CUTTER MACHINE SPEED AND FEEDING SPEED ON THE MACHINE HNC (HORIZONTAL BORING AND MILLING CNC) TOSHIBA BT-160S MACHINING PROCESS ON THE QUALITY OF LOCOMOTIVE TRUCK FRAME OF PRODUCTION IN PT. BARATA INDONESIA

Jaenal Ghofur (6210030007)


Abstrak

Truck Frame adalah sebuah komponen kerangka yang sangat penting pada rangkaian kereta api, terutama pada lokomotif. Truck Frame terdiri atas beberapa komponen yang membentuk suatu kesatuan, diantaranya Side Frame, Truck Bolster, cross tie dan banyak lagi komponen lainnya. Sejalan dengan berkembangnya ilmu pengetahuan dan teknologi, produksi di setiap perusahaan harus diimbangi dengan peningkatan hasil kualitas produk yang lebih baik, khususnya pada proses produksi yang menggunakan mesin perkakas seperti mesin CNC. Maka penelitian ini difokuskan pada proses machining yang dilakukan di daerah pedestal, karena pada poin tersebut terdapat permasalahan pada hasil kualitas kekasaran permukaan. Penelitian ini diawali dengan membuat tabel urutan nilai kecepatan putaran cutter dan kecepatan pemotongan, dari hasil tabel tersebut selanjutnya di inputkan pada mesin CNC, hasil dari proses machining CNC di beri penandaan kemudian di lakukan pengambilan nilai kekasaran dengan menggunakan alat seperti surface tester. Dari hasil nilai kekasaran diolah dengan microsoft excel untuk mendapat urutan nilai rata-rata, kemudian menyimpulkan nilai kekasaran dengan sesuai dengan acceptance criteria ISO 4287, selanjutnya membuat diagram urutan nilai kekasaran dari hasil pengolahan data tersebut. Dari penelitian tersebut diketahui bahwa dengan menggunakan berbagai variasi nilai kecepatan cutter dan kecepatan pemotongan, semakin besar nilai yang digunakan, maka kualitas permukaan yang dihasilkan juga semakin halus Kata kunci : truck frame, machining, putaran mesin, feeding, kekasaran


Abstract

Truck Frame is a very important component in the framework of a series of railway especially on locomotives. Truck Frame consists of several components that make up a unity, such as Side Frame, Truck Bolster, cross tie and many the other components. In line with the development of science and technology, production in each company should be offset by increased yields better quality products, especially in the production process that uses machine tools such as CNC machines. This research is focused on machining processes carried out in the pedestal, because at this point there are problems with the results of the surface roughness quality. This research begins with a table of sequence values cutter rotation speed and cutting speed, the results are then fed table on CNC machines, the result of CNC machining process in the given marking then do retrieval roughness values using tools such as surface tester. Roughness values of the results processed with Microsoft Excel to get the average order value, and then concludes with a roughness value in accordance with ISO 4287 acceptance criteria, then create a sequence diagram roughness value of the results of the data processing. From the study it was found that by using a variety of rated speed cutter and cutting speed, the greater value is used, then the quality of the resulting surfaces are also more subtle Keywords: truck frames, machining, engine speed, feeding, roughness


Detil Peneliti

Dosen Pembimbing 1 :Fathulloh
Dosen Pembimbing 2 :

Program Studi : D3 - TEKNIK BANGUNAN KAPAL
Angkatan : 2010


Untuk mendapatkan versi full dari dokumen penelitian ini, Anda dapat melihat koleksi Buku Tugas Akhir di Perpustakaan Politeknik Perkapalan Negeri Surabaya pada jam kerja. Atau Anda dapat menghubungi penulis secara personal.