PENGUJIAN NDT (NON DESTRUCTIVE TEST) DALAM PROSES PRODUKSI LOCOMOTIVE TRUCK FRAME MILIK PT.GE OPERATION INDONESIA OLEH PT.BARATA INDONESIA

NDT TEST (NON DESTRUCTIVE TEST) IN THE PRODUCTION PROCESS OF PT GE OPERATION INDONESIA'S LOCOMOTIVE TRUCK FRAME BY PT.BARATA INDONESIAPT GE OPERATION INDONESIA'S LOCOMOTIVE TRUCK FRAME BY PT.BARATA INDONESIA

Perlambang Kasih Djatmiko (6210030006)


Abstrak

Truck frame adalah kontruksi dasar lokomotif kereta api yang terbuat dari kandungan baja karbon. Masalah yang muncul biasanya berkenaan pada saat produksi terutama pada saat assembly maka dibutuhkan pengujian NDT dalam tahap ini agar mengetahui lokasi mana yang banyak terjadi cacat serta penyebabnya. Penelitian ini difokuskan pada pengujian NDT (Non Destructive Test) yang dilakukan setelah proses Assembly, pengujian yang terdiri dari VT(Visual Test), PT (Penetrant Test), MT (Magnetic Test) dilakukan pada bagian yang merupakan daerah pengelasan dan dilakukan sesuai dengan kebutuhan. Dari penelitian berikut diketahui bahwa terdapat 12 lokasi yang terdapat indikasi cacat yaitu lokasi A, B (Permukaan A1, A3, B1, C1, C3 dan D3), C, D, F, G, H, I, K, L, N, O, P, Q (Permukaan A2, B2 dan D2) serta R dengan lokasi L menjadi lokasi yang sering terjadi cacat dengan adanya 5 indikasi cacat, masalah yang timbul diakibatkan oleh banyak faktor seperti persiapan sebelum pengelasan yang kurang sesuai, kemampuan dari welder yang kurang baik serta posisi pengelasan yang sulit (Seperti lokasi L yang menggunakan pegelasan overhead sudut/4F). Selain itu kondisi lingkungan kerja juga turut mempengaruhi (Seperti sirkulasi udara yang kurang baik) Kata kunci : Truck Frame, NDT (Non Destructive Test), Assembly


Abstract

Truck frame is the base construction of the locomotive railway which made from carbon steel content. Problems that typically arise in the production process , especially at the assembly to know the quality of welding on the product. This study focused on NDT (Non Destructive Test) conducted during and after the assembly process, which includes VT NDT test (Visual Test), PT (Penetrant Test), MT (Magnetic Test) which is conducted in the area welding area. Of the following research known that there are 12 locations with an indication of the location of defects A, B (Surface A1, A3, B1, C1, C3 and D3), C, D, F, G, H, I, K, L, N, O, P, Q (A2, B2 and D2) and R, where L location being the location of defects that often occur in the presence of 5 indications of defects, the problems caused by many factors such as preparation before welding is not appropriate, the ability of the welder is not good and difficult welding position (As L location using overhead /4F). Besides working environment also influences (such as poor air circulation) Keywords: Truck Frame, NDT (Non Destructive Test), Assembly


Detil Peneliti

Dosen Pembimbing 1 :Gathot Dwi Winarto
Dosen Pembimbing 2 : Aang Wahidin

Program Studi : D3 - TEKNIK BANGUNAN KAPAL
Angkatan : 2010


Untuk mendapatkan versi full dari dokumen penelitian ini, Anda dapat melihat koleksi Buku Tugas Akhir di Perpustakaan Politeknik Perkapalan Negeri Surabaya pada jam kerja. Atau Anda dapat menghubungi penulis secara personal.