PENGARUH GOUGING PADA PENGELASAN FCAW SHIP UNLOADER EQUALIZER TERHADAP SIFAT MEKANIKNYA

EFFECT OF GOUGING IN FCAW WELD SHIP UNLOADER EQUALIZER FOR THIS MECHANIC CHARACTER

Danang Dwi Hardoyo (6210030004)


Abstrak

Ship Unloader Equalizer merupakan sebuah crane yang berjenis gentry grab yang berfungsi untuk proses unloading batu bara dari kapal tongkang (kapal bermuatan batu bara) ke hooper ship unloader. Pada pembuatan Ship Unloader Equalizer, menggunakan proses pengelasan FCAW melalui proses Gouging pelat pada Root hasil back weld joint plat SA 36 tebal 40 mm dengan 15 mm, Gouging yaitu mengikis atau membuat alur pada permukaan logam dalam pengerjaan untuk selanjutnya dikerjakan kembali. Karena dalam setiap hasil pengelasan perlu dilakukan pengujian DT (Distructive Test) yang bertujuan untuk mengetahui sifat mekanik suatu material. Maka pada penelitian ini, pengujian yang digunakan pada pengelasan Ship Unloader Equalizer menggunakan pengujian Hardness Test dan Metalografi Test. Hasil pengujian mekanik menunjukkan bahwa spesimen tanpa melalui proses gouging mempunyai nilai kekerasn rata - rata tertinggi pada weld metal ( daerah pengelasan atas) yaitu sebesar 222.677 HVN sedangkan spesimen melalui proses gouging mempunyai nilai kekerasan rata - rata sebesar 213.83 HVN juga pada weld metal ( daerah pengelasan atas). Dari pengujian struktur mikro, spesimen melalui proses gouging dan tanpa melalui proses gouging, memiliki struktur mikro yang relatif sama. Serta pada hasil foto makro hasil delusi spesimen melalui proses gouging lebih tinggi yaitu sebesar 28.78% dengan lebar HAZ sebesar 3.079 HAZ sebesar 3,079 mm pada plat tebal 15 mm dan 2, 113 mm pada plat tebal 40 mm. dibanding tanpa melalui proses gouging 27.53% dengan lebar HAZ sebesar 2,631 mm pada plat tebal 15 mm dan 1,754 mm pada plat tebal 40 mm.


Abstract

Ship Unloader Equalizer is a that type of gentry crane grab that function to process of unloading coal from barges (ships loaded with coal) to Hooper ship unloader.In the manufacture of Ship Unloader Equalizer, using the FCAW welding process by the Gouging plate at the Root results of back plate weld joint SA 36 with thickness 40 mm to 15 mm, Gouging is scrape or make grooves on a metal surface in the works for the next worked again. Because in every welds is necessary to test DT (Distructive Test) which aims to determine the mechanical properties of a material. So in this study, the test used in welding Ship Unloader Equalizer uses testing Hardness Test and Metallography Test. Mechanical testing results showed that the specimens without through a gouging process has the highest hardness average results in the weld metal (top area welding) that is equal to 222.677 HVN, while the specimen through a gouging process has a hardness average results 213.83 HVN also on the weld metal (top area welding). Microstructure of the test, the specimen by the through a gouging process and without through a gouging process, have relatively similar microstructure. As well as on the results of macro photos delusions specimen results through a gouging process higher at 28.78% with HAZ width of 3.079 mm at plate with thickness 15 mm and 2.113 mm at plate with thickness 40 mm compared to without through a gouging process by 27.53% with HAZ width of 2.631 mm at plate with thickness 15 mm and 1.754 mm at plate with thickness 40 mm .


Detil Peneliti

Dosen Pembimbing 1 :Zuhri Noor
Dosen Pembimbing 2 :

Program Studi : D3 - TEKNIK BANGUNAN KAPAL
Angkatan : 2010


Untuk mendapatkan versi full dari dokumen penelitian ini, Anda dapat melihat koleksi Buku Tugas Akhir di Perpustakaan Politeknik Perkapalan Negeri Surabaya pada jam kerja. Atau Anda dapat menghubungi penulis secara personal.