PERHITUNGAN KEBUTUHAN CAT PADA BEBERAPA KAPAL YANG DIREPARASI DI PT. DOK DAN PERKAPALAN SURABAYA

The calculation of paint necessary on some repaired ships at PT. DOK dan Perkapalan Surabaya

Zana Chobita Aratusa (6113030061)


Abstrak

PERHITUNGAN KEBUTUHAN CAT PADA BEBERAPA KAPAL YANG DIREPARASI DI PT. DOK DAN PERKAPALAN SURABAYA Nama : Zana Chobita Aratusa Pembimbing : Ir. Boedi Herijono., MT ABSTRAK Indonesia adalah negara maritim terbesar di dunia, hampir 2/3 wilayah indonesia terdiri dari laut. Tidak heran jika kapal menjadi salah satu alat transportasi yang banyak digunakan. Namun kapal juga sangat rentan terhadap korosi yang di sebabkan oleh air laut. Salah satu perlindungan kapal baik bangunan baru ataupun yang lama adalah dengan pengecatan. Dalam proses pengecatan pun ada perlakuan khusus pada bagian yang tercelup air. Pada tugas akhir ini akan mengalisa perbandingan cat secara teori dengan Riil di lapangan pada beberapa kapal yang di reparasi di PT. DOK dan Perkapalan Surabaya, yaitu LCT. Bhima Giri Nusa, KM. Salila, KM. Tanto Sakti II, KM. Tanto Surya, KM. Dharma Kencana, KM. Tanto Sayang, TB. Adang Bay, KM. Tanto Handal, KMP. Marina Primera, KM. Lumoso Selamat. Dari hasil perhitungan teori dan Riil di lapangan terdapat selisih yang sangat signifikan dan berpengaruh terhadap pembiayaan cat. Karena ada selisih perhitungan teori yang lebih besar hasilnya daripada kebutuhan cat Riil di lapangan. Namun ada juga yang kebutuhan cat Riil dilapangan yang lebih besar daripada perhitungan secara teori, namun itu tidak terlalu berpengaruh terhadap pembiayaan karena memang itu sesuai dengan jumlah yang dibutuhkan. Kata kunci: perhitungan teori dan riil


Abstract

The calculation of paint necessary on some repaired ships at PT. DOK dan Perkapalan Surabaya Name : Zana Chobita Aratusa Supervisor : Ir. Boedi Herijono., MT ABSTRACT Indonesia is the biggest maritime country in the world. Almost 2/3 territory of Indonesiais consists of sea. Not surprisingly if the ship became the one of public transportation that used. However, the ship is easy to become rust that caused by sea water. One way to protect the ship both new building or the old building is by painting. In the process of painting, there are special treatments in the part of ship that submerged in the water. In this final project will analyze about the comparison of the paint in theory with real on the field of some ships that repaired in PT. DOK dan Perkapalan Surabaya such as LCT. Bhima Giri Nusa, KM. Salila, KM. Tanto Sakti II, KM. Tanto Surya, KM. Dharma Kencana, KM. Tanto Sayang, TB. Adang Bay, KM. Tanto Handal, KMP. Marina Primera, KM. Lumoso Selamat. From the calculations of the theory and real in the field there are some significance differences that have an effect with paint financing, because there are differences results of the calculation theory that more bigger results than the real. However there are some paint needs on the fields that more bigger than the calculation on the theory, but it is not really have an influence with the financial, because that is suitable with the number that the ship needs. Keyword: calculation theory and real


Detil Peneliti

Dosen Pembimbing 1 :Boedi Herijono
Dosen Pembimbing 2 :

Program Studi : D3 - TEKNIK PERANCANGAN DAN KONSTRUKSI KAPAL
Angkatan : 2013


Untuk mendapatkan versi full dari dokumen penelitian ini, Anda dapat melihat koleksi Buku Tugas Akhir di Perpustakaan Politeknik Perkapalan Negeri Surabaya pada jam kerja. Atau Anda dapat menghubungi penulis secara personal.