REDESAIN KONSTRUKSI RUANG MUAT DARI PENGGUNAAN PILAR DIGANTI DENGAN KANTILEVER PADA KAPAL SABUK NUSANTARA 750 DWT

REDESIGNING THE CONSTRUCTION OF THE USE OF PILLARS REPLACED WITH A CANTILEVERS AT SABUK NUSANTARA 750 DWT SHIP

Anwar Sahid (6113030048)


Abstrak

ABSTRAK Dengan adanya konstruksi pilar, di ruang palka kapal maka barang yang masuk kedalam ruang muat lebih sulit karena terhalang oleh pilar, lebih-lebih jika mengangkut barang dalam ukuran yang besar. Sehingga perlu dilakukan penggantian konstruksi penopang (pilar) pada ruang muat. Hal ini bertujuan agar kondisi ruangan lebih leluasa dan dapat mengangkut muatan dengan ukuran optimal. Konstruksi yang dimaksud untuk menggantikan pilar adalah kantilever. Dalam redesain pilar diganti kantilever, dilakukan perhitungan dan perencanaan beban yang ditopang oleh pilar menggunakan Rule BKI. Beban yang ditopang oleh 4 pilar dengan type pipa ?4?? SCH. 40 sebesar 134,2 ton = 1342 kN. Sedangkan beban vertikal pengganti geladak terpotong pada side coaming sebesar 4,33 ton = 43,3 kN. Perhitungan beban tersebut, sebagai dasar untuk menentukan modulus penampang kantilever yang secara teori mengikuti acuan DNV (Det Norske Veritas). Setelah hasil dari perhitungan teori didapatkan maka direncanakan modulus penampang dengan dasar bahwa modulus perencanaan lebih besar dengan modulus perhitungan. Hasil dari perencanaan modulus penampang tersebut digunakan dalam merencanakan ukuran utama kantilever. Dari hasil perencanaan pilar diganti dengan kantilever didapatkan modulus penampang dengan ukuran 450x15/300x15 dengan pemasangan 6 kantilever dan 419x16/400x16 dengan pemasangan 4 kantilever. Yang mana pemasangan kantilever mirip dengan pemasangan main frame dan web fame. Sehingga dari hasil redesain tersebut didapatkan bahwa dengan menggunakan kantilever pada ruang muat, barang yang akan masuk dapat masuk dengan mudah tanpa terhalang oleh pilar terlebih barang dengan ukuran besar dan ruang muat lebih leluasa. Kata kunci : Beban pilar, Beban kantilever, Modulus kantilever, Redesain pilar dan Ruang muat lebih leluasa.


Abstract

ABSTRACT With the construction of pillars, in the hold space ship the goods that enter into the load space is more difficult because it was blocked by pillars, the more so if the transport goods in large sizes. So that should be the replacement of the supporting construction (pillar) in the cargo hold. It is intended that the condition of the room more freely and transporting cargo to the optimal size. Construction is meant to replace the pillars are cantilever. In redesigning replaced cantilever pillars, calculation and planning of the load supported by pillars using Rule BKI. Load which is supported by 4 pillars with type pipe ? 4 '' SCH. 40 amounted to 134,2 ton = 1342 kN. While the vertical load deck replacement due to cut on coaming side by 4,33 ton = 43,3 kN. The load calculation as the basis for determining the section modulus of cantilever theoretically follows the reference DNV (Det Norske Veritas). After the results obtained from theoretical calculations, it is planned on the basis that planning a larger modulus with modulus calculation. The results of the planning section modulus is used to plan the main measure of the cantilever. From the planning section modulus obtained size 450x15 / 300x15 with the installation of four cantilever and 400x14 / 300x14 with the installation of six cantilever. Which is similar to the cantilever same as installation of the main frame and web frame. Then using the pillars can contain more items than the cantilever, but in terms of loading and unloading process with their pillar should contain only limited items especially large items of different sizes with cantilever can load their goods more freely without hindrance when the charge admission. Keywords : Load of Pillars, Load of Cantilever, Modulus cantilever, Pillar design and Load space more freely.


Detil Peneliti

Dosen Pembimbing 1 :Hariyanto Soeroso
Dosen Pembimbing 2 :

Program Studi : D3 - TEKNIK PERANCANGAN DAN KONSTRUKSI KAPAL
Angkatan : 2013


Untuk mendapatkan versi full dari dokumen penelitian ini, Anda dapat melihat koleksi Buku Tugas Akhir di Perpustakaan Politeknik Perkapalan Negeri Surabaya pada jam kerja. Atau Anda dapat menghubungi penulis secara personal.