PENGARUH PENAMBAHAN RUANG PENUMPANG PADA BANGUNAN ATAS KAPAL LCT TRISNA DWITYA DITINJAU DARI PERFORMANCE KAPAL

ROOM ADDITION EFFECT ON BUILDING THE PASSENGER SHIP LCT TRISNA DWITYA PERFORMANCE BASED ON SHIP

M. Khoirul Anam (6113030047)


Abstrak

ABSTRAK PENGARUH PENAMBAHAN RUANG PENUMPANG PADA BANGUNAN ATAS KAPAL LCT TRISNA DWITYA DITINJAU DARI PERFORMANCE KAPAL Nama : M.Khoirul Anam (6113030047) Pembimbing : Aang Wahidin, ST., MT., Berdasarkan keputusan direktur jendral perhubungan darat nomor : SK.885/AP.005/DRJD/2015. Tentang Larangan penggunaan kapal tipe LCT ( landing craft tank ) sebagai angkutan penyebrangan keputusan ini berlaku 1 januari 2016.maka perusahaan pelayaran yang menyewakan kapalnya untuk perusahaan lain akan selalu berusaha untuk dapat memenuhi semua ketentuan yang berlaku dan akan berusaha memenuhi order atau permintaan dari pihak penyewa kapalnya sehingga dilakukan modifikasi kapal LCT menjadi KMP. Dalam modifikasi bangunan atas ruang penumpang terdapat berbagai penambahan berat diantaranya penambahan berat konstruksi (lwt),penumpang , barang bawaan (dwt). kemudian melakukan wawancara terhadap captain kapal dan manager engeneering untuk mengetahui keadaan kapal sebelum dan setelah modifikasi, mengetahui Berat kapal modifikasi diperoleh dari data inclining test kapal sebelumnya serta melekukan perhitungan pertambahan lwt dan dwt kapal serta menganalisa stabilitas kapal dengan beberapa kondisi yang sudah ditentukan yaitu pada kondisi kapal dengan Muatan 0 % , muatan Bus 60 % truck container 40 %, muatan Bus 40 % muatan container 40% muatan mini bus 20 %, muatan truck Bus 100 %,serta muatan truck container 100 % dengan menggunakan software Hydromax agar sesuai dengan criteria IMO A.749(18) ch3. Hasil pertambahan berat pada bangunan atas setelah di modifikasi adalah pertambahan Lightweight 137,96 ton, deadweigh 448.58 ton,serta analisa stabilitas pada kapal Trisna Dwitya dengan beberapa kondisi yang sudah ditentukan muatan telah memenuhi standart criteria IMO A.749 (18) ch3 kecuali pada kondisi dengan muatan truck container 100 % tidak memenuhi. Kata Kunci : Lightweight, deadweigh,stabilitas


Abstract

ABSTRAC ROOM ADDITION EFFECT ON BUILDING THE PASSENGER SHIP LCT TRISNA DWITYA PERFORMANCE BASED ON SHIP Nama : M.Khoirul Anam (6113030047) Pembimbing : Aang Wahidin, ST., MT., Based on the decision of director general of land transportation number: SK.885 / AP.005 / DrJD / 2015. The ban on the use of vessel type LCT (landing craft tanks) as a transport crossing this decision into force on 1 January 2016.so shipping company that rents out his boat for another company will always strive to meet all applicable regulations and will attempt to fulfill orders or requests of the tenant his ship so that we modify the ship LCT becomes KMP. In a modification of the building above the passenger compartment there are a variety of additional heavy construction including weight gain (sec), passengers, luggage (dwt). then conduct interviews with the captain of the ship and the manager Engeneering to know the state of the vessel before and after the modification, knowing the weight of the vessel modifications derived from the data inclining test previous ships and melekukan calculation of the increase in sec and dwt vessels as well as to analyze the stability of the ship with some of the conditions that have been determined to be in condition ships with a payload of 0%, the charge Bus 60% of truck container 40%, a charge Bus 40% of containerized cargo 40% charge mini bus 20%, cargo truck Bus 100%, as well as cargo truck container 100% by using software Hydromax to fit the criteria of IMO A.749 (18) CH3. The results of weight gain on the building above after the modification is added Lightweight 137.96 tons, 448.58 tons deadweigh, as well as stability analysis on Dwitya Trisna ships with several predefined load conditions have been met the standard criteria of IMO A.749 (18) CH3 except in situations where truck cargo container 100% did not meet. Keywords: Lightweight, deadweigh, stability


Detil Peneliti

Dosen Pembimbing 1 :Aang Wahidin
Dosen Pembimbing 2 :

Program Studi : D3 - TEKNIK PERANCANGAN DAN KONSTRUKSI KAPAL
Angkatan : 2013


Untuk mendapatkan versi full dari dokumen penelitian ini, Anda dapat melihat koleksi Buku Tugas Akhir di Perpustakaan Politeknik Perkapalan Negeri Surabaya pada jam kerja. Atau Anda dapat menghubungi penulis secara personal.