REDESAIN AFTER RAMPDOOR PADA KMP. TRISNA DWITYA

REDESIGN OF AFTER RAMPDOOR ON KMP. TRISNA DWITYA

Fir Ali Yafi (6113030044)


Abstrak

Kebutuhan transportasi kapal Ferry Ro-Ro untuk mengangkut kendaraan bermotor sekaligus penumpang semakin meningkat pada pelabuhan penyabrangan antar pulau. Banyak kemudian kapal bertipe Landing Craft Tank (LCT) diredesain menjadi type KMP Ferry Ro-Ro demi memenuhi kebutuhan dan persyaratn tentang pelarangan penggunaan kapal LCT sebagai angkutan penyebrangan. Namun tidak semua kapal diredesain sesuai dengan fakta kebutuhan fungsi kapal yang ada di lapangan. Sebagai sistem bongkar muat kendaraan yang baru untuk roll on-roll off pada KMP Trisna Dwitya terjadi penambahan after rampdoor, bentuk dimensi after rampdoor tersebut dinilai terlalu kecil karena memiliki panjang 6 meter dan lebar 5.2 meter. Berdasarkan ukuran tersebut, menurut kapten nahkoda kapal tidak sesuai dengan yang ada di lapangan dan demi keselamtan tidak memungkinkan kendaran besar sperti truck tronton untuk melewatinya. Keadaan after rampdoor juga diperburuk dengan perencanaan dan pembuataanya yang mengacu pada fore rampdoor, tetapi tidak mengacu pada class yang baru. Pada perencanaan redesain yang baru dilakukan perhitungan ulang perencanaan konstruksi menggunakan BKI serta memodifikasi dengan menambah dimensi panjang rampdoor menjadi 9 meter dengan lebar 6.2 meter, sehingga kendaraan yang lebih besar dapat melewatinya. Perencanaan dimensi tersebut mengacu pada dimensi truck tronton dan kendaraan besar lainya yang dapat dimuat kapal yaitu mempunyai panjang rata-rata 9 meter. Redesain ini diharapkan bisa untuk mengatasi dan mengoptimalkan sistem Roll on ? Roll off pada kapal ini agar dapat mempercepat waktu bongkar muat kendaraan. Sehinggan mampu mengurangi biaya dan waktu pakir berlabuh kapal di dermaga. Dan Tugas Akhir ini diharapkan dapat menjadi pertimbangan atau referensi bagi perusahaan galangan kapal sebelum pembuatan after rampdoor dalam redesain kapal LCT menjadi Ferry Ro-Ro untuk menghindari kerugian biaya, kelebihan material, dan pembuangan waktu. Kata kunci: Redesain, After Rampdoor, Roll on-Roll off


Abstract

The necessities of Ferry Ro-Ro ships transportation to carry vehicles and to across Passengers among islands get increasingin the port. Then,manyvessels have Landing Craft Tank (LCT) typescould redesign be KMP Ro-Ro Ferry type to comply necessities and requirementsof prohibition for using LCTshipas defection transportations. Unfortunately, not all vessels can be redesigned which appropriate with the function of vessels necessity in reality. As the system loading while unloading new vehicles to roll then on-roll off at KMPTrisnaDwityabring additions after rampdoor, the form of dimensional after rampdooris smaller, it has 6 meters in length while 5.2 meters in wide. Based on this measure, according to ship?s captain, vessels do not appropriate with those in the field and for the sake of salvation, the heavy vehicles such as truck are not allow to pass because vessels get unconditionally. The condition after rampdoor also exacerbated by planning and create which concern to the fore rampdoor but does not concern to the new class.For planning of new redesign is done recalculate by contruction planning using BKI and modifying addition dimension rampdoor be 9 meters for length with a width of 6.2 meters, so that the heavy vehicles can pass. Design these dimensions concern tronton trucks?s dimension and other large vehicles that can be loaded by vessels which have an average length of 9 meters. This redesign could be expected to solve and optimize system Roll on-Roll off in order demolish vehicle?s times be quickly in this vessels. Furthermore,it can get impact on decrease of payment and time to anchor be parked of vessels in the quay. Final Project is expected to be a consideration or reference to the shipyard before creating after rampdoor in redesigning LCT?s ship into Ferry Ro-Ro to avoid loss costs, excess material, and waste of time. Key word : Redesain, After Rampdoor, Roll on-Roll off


Detil Peneliti

Dosen Pembimbing 1 :Muhammad Afif Shobach
Dosen Pembimbing 2 :

Program Studi : D3 - TEKNIK PERANCANGAN DAN KONSTRUKSI KAPAL
Angkatan : 2013


Untuk mendapatkan versi full dari dokumen penelitian ini, Anda dapat melihat koleksi Buku Tugas Akhir di Perpustakaan Politeknik Perkapalan Negeri Surabaya pada jam kerja. Atau Anda dapat menghubungi penulis secara personal.