RE-DESIGN DOOR ARRANGEMENT DENGAN PERTIMBANGAN VAPOUR SAFETY PADA KAPAL TANKER H-288 17500 LTDW

REDESIGN DOOR ARRANGEMENT IN CRUDE OIL TANKER SHIP H - 288 WITH SAFETY CONSIDERATIONS VAPOUR

Dini Adha Cahyanti (6113030043)


Abstrak

ABSTRAK Dalam pembangunan sebuah kapal baru banyak hal yang perlu diperhatikan untuk dapat menghasilkan bangunan kapal yang sesuai dengan fungsi utama. Selain itu kapal yang dibuat seharusnya dapat memberikan kenyamanan serta keselamatan bagi awak kapal dan penumpangnya. Salah satunya tentang door arrangement, dimana peletakan pintu pada kapal juga dapat berpengaruh terhadap keselamatan bagi para awak kapal. Seluruh peletakan equipment dan outfitting material telah di atur dalam rules-rules tertentu. Hal ini tentunya agar jika terjadi kerusakan pada kapal tidak membahayakan awak kapal. Pada pembangunan kapal Crude Oil Tanker 17.500 LTDW, terdapat beberapa ketidaksesuaian pada perencanaan door arrangement-nya sehingga perlu dilakukan re-design untuk mengutamakan keselamatan para awak kapal. Perubahan dilakukan pada deck akomodasi yaitu upperdeck, A deck serta B deck. Dimana perubahan dilakukan dengan cara memindahkan letak pintu akses. Jarak awal pintu dengan sekat akomodasi rata-rata tidak memenuhi rules SOLAS. Sehingga letak pintu diubah sehingga didapatkan jarak minimal sesuai aturan SOLAS yaitu 5m. Selain itu perubahan yang dilakukan pada letak pintu tersebut berpengaruh terhadap kontruksi pada deck-deck tersebut. Maka dilakukan pula perubahan konstruksi pada setiap deck yang mengalami perubahan. Terakhir dilakukan perhitungan jarak aman instalasi pintu. Dari perhitungan didapatkan jarak minimal antara tangki dengan pintu adalah 8 m. Sedangkan hasil dari redesain didapat jarak antara tangki dengan pintu adalah 8,3m. Sehingga hasil redesain telah memenuhi. Kata kunci : Door Arrangement, Re-design


Abstract

ABSTRACT In the construction of a new ship many things that need to be considered to produce the building of ships with the main function . In addition the ship made should be able to provide comfort and safety for the crew and passengers. One was about the door arrangement , where the laying of the doors on the ship also can affect the safety for the crew . The entire laying equipment and outfitting materials have been set in specific rules . This is certainly so if there is damage to the vessel does not endanger the crew . On the construction of Crude Oil Tanker ship 17,500 LTDW , there are some discrepancies in planning its door arrangement so it is necessary to re -design for the safety of the crew. Changes made on the accommodation deck is upperdeck , A deck and B deck . Where changes are made by moving the location of the access door. Distance early bulkhead door with average accommodation does not meet SOLAS rules . So the location of the door changed so that the minimum distance is obtained according to the rules SOLAS is 5m . In addition to the changes made in the location of the door affect the construction on the deck - deck . So do also change construction on each deck undergoing changes. Last calculating a safe distance door installations . From the calculation, the minimum distance between the tank by the door is 8 m . While the results of the redesign obtained distance between the tank by the door is 8,3m . So that the redesign has met . Keyword: Door Arrangement, Re-design


Detil Peneliti

Dosen Pembimbing 1 :Aang Wahidin
Dosen Pembimbing 2 :

Program Studi : D3 - TEKNIK PERANCANGAN DAN KONSTRUKSI KAPAL
Angkatan : 2013


Untuk mendapatkan versi full dari dokumen penelitian ini, Anda dapat melihat koleksi Buku Tugas Akhir di Perpustakaan Politeknik Perkapalan Negeri Surabaya pada jam kerja. Atau Anda dapat menghubungi penulis secara personal.