Perencanaan Kapal Wisata Bermaterial Kayu untuk Kawasan Pantai Kenjeran Surabaya

DESIGN OF WOODEN SAILING YACHT FOR KENJERAN BEACH TOURISM AREA SURABAYA

Benny Nour Diantoro (6113030040)


Abstrak

Taman Hiburan Pantai (THP) Kenjeran yang terletak di jalan Sukolilo Lor, Surabaya menawarkan potensi wisata yang cukup potensial. Berdasarkan atas data dari Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kota Surabaya, jumlah pengunjung terus meningkat dari tahun ke tahun. Banyak wahana wisata yang bisa dinikmati ketika berkunjung di THP Kenjeran. Salah satu wahana yang banyak diminati pengunjung ialah wisata menyusuri pantai dengan kapal wisata. Berdasarkan atas hasil observasi di lapangan ternyata kapal yang beroperasi kebutuhan space untuk penumpang belum mencukupi. Selain itu, kapal yang ada pembuatannya masih tradisional sehingga tingkat keselamatan dan keandalannya tidak terjamin. Oleh karena itu, perlu dilakukan studi mengenai perencanaan kapal wisata bermaterial kayu yang sesuai dengan standar pembangunan kapal. Studi yang dilakukan pada penelitian ini meliputi penentuan ukuran utama, analisa lambung, desain rencana umum dan perhitungan konstruksi. Dasar perencanaan kapal ini ialah kapasitas penumpang yang disamakan dengan kapal yang telah beroperasi. Dalam menentukan ukuran utama, penulis menggunakan metode perhitungan dengan trial and eror berdasarkan data kapal pembanding hasil observasi pada kapal-kapal wisata yang telah beroperasi. Penentuan daya mesin kapal dilakukan berdasarkan perhitungan tahanan lambung dengan menggunakan metode Delf series dan metode Compton. Untuk perhitungan konstruksinya menggunkan rules yang terdapat dalam Peraturan Kapal Kayu BKI 1996. Dari hasil studi yang telah dilakukan, diperoleh ukuran utama kapal yaitu panjang 12 m; lebar 3,3 m; tinggi 1,2 m; sarat 0,4 m dengan displacement sebesar 6,7 ton. Untuk beroperasi dengan kecepatan dinas sebesar 8 knot, kapal membutuhkan mesin dengan daya sebesar 21 Hp. Dari hasil perhitungan konstruksi diperoleh ukuran komponen konstruksi utama yang digunakan yaitu lunas 165 mm x 245 mm, linggi haluan 140 mm x 203 mm, linggi buritan 140 mm x 213 mm, gading-gading 89 mm x 57 mm dan 67 mm x 57 mm, wrang 170 mm x 53 mm, galar balok 190 mm x 51 mm, galar kim 200 mm x 50 mm, balok geladak 70 mm x 45 mm, kulit luar 38 mm, geladak 40 mm.


Abstract

Taman Hiburan Pantai (THP) Kenjeran located at Sukolilo Lor street offer a potential tourism area. Based on data from Culture and Tourism Authority Surabaya city, amount of tourists increase year by year. Many facilities that can be used by tourist when they visit in THP Kenjeran. One of these that interest tourists is seagoing around beach by sailing yacht. Based on observation in location, in fact this yacht that operation space necessary for tourists isn?t enough yet. Beside of this, existing yacht not build according to shipbuilding procedur and still traditionally so that safety dan reability not secure. Because of this, need to do study about yacht design from wooden material that suitable with shipbuilding procedure. This studi focus on determine main dimension, hull analysis, design of general arrangement dan construction calculation. Basic design in yacht design is orientate on passengers capacity thah assume same with existing yacht. In case determine of main dimension, writer use calculation method with trial and eror base on data from exixting yacht. For determine power of main engine, hull resistant is calculated using Delf series and Compton method. Construction is calculated using rules from Peraturan Kapal Kayu BKI 1996. From study, obtain main dimension of design yacht is length 12m; breadth 3,3m; height 1,2m; draft 0,4m with displacement 6,7tons. For operation in maximum velocity 8 knots, yacht necessary engine that produce power 21 Hp. From construction calculation can be known the dimension of main construction components that be used are keel 165 mm x 245 mm, stem 140 mm x 203 mm, stern 140 mm x 213 mm, frames 89 mm x 57 mm and 67 mm x 57 mm, floor 170 mm x 53 mm, board beam 190 mm x 51 mm, board kim 200 mm x 50 mm, deck beam 70 mm x 45 mm, shell 38 mm, deck 40 mm.


Detil Peneliti

Dosen Pembimbing 1 :Ruddianto
Dosen Pembimbing 2 :

Program Studi : D3 - TEKNIK PERANCANGAN DAN KONSTRUKSI KAPAL
Angkatan : 2013


Untuk mendapatkan versi full dari dokumen penelitian ini, Anda dapat melihat koleksi Buku Tugas Akhir di Perpustakaan Politeknik Perkapalan Negeri Surabaya pada jam kerja. Atau Anda dapat menghubungi penulis secara personal.