ANALISA PERBEDAAN JAM ORANG PADA PENGERJAAN REPLATING ANTARA PERENCANAAN DAN REALISASI DI PT.DOK DAN PERKAPALAN SURABAYA (Persero)

ANALYSIS OF THE WORKMANSHIP REPLATING HOUR DIFFERENCE BETWEN PLANNING AND REALISATION IN PT. DOK DAN PERKAPALAN SURABAYA (Persero)

Dina Mandasari (6113030037)


Abstrak

ANALISA PERBEDAAN JAM ORANG PADA PENGERJAAN REPLATING ANTARA PERENCANAAN DAN REALISASI DI PT. DOK DAN PERKAPALAN SURABAYA (Persero) Nama Mahasiswa : Dina Mandasari (6113030037) Dosen Pembimbing : Ir. Boedi Herijono, MT ABSTRAK Indonesia merupakan negara maritim yang sebagian besar wilayahnya adalah lautan. Transportasi laut adalah hal yang sangat dibutuhkan untuk menghubungkan pulau ? pulau di Indonesia. Dalam hal transportasi laut, maka dunia pelayaran adalah hal yang dominan dan sangat dibutuhkan. Dunia pelayaran tidak lepas dari masalah perkapalan. Kapal sendiri mempunyai berbagai hal yang mendukung mulai dari pengawakan, keselamatan, pemilik kapal. Pemilik kapal tidak akan mampu untuk mengurusi dan melayani kapal ? kapal mereka sendiri yang memiliki trayek banyak dan jauh apalagi sampai keluar negeri. Pemilik kapal membutuhkan patner kerja atau bantuan orang lain untuk memperbaiki kapal ? kapal mereka seperti replating. Pergantian plat sangatlah penting, karena plat selalu tersentuh dengan fluida cair yang menjadi media jalannya sebuah kapal. Berdasarkan perhitungan pada bab pembahasan didapatkan beberapa data kapal SPCB. Sinar Panjang perbedaan antara J.O perencanaan dan J.O realisasi memiliki selisih 72,90%. kapal TB. Adang Bay perbedaan antara J.O perencanaan dan J.O realisasi memiliki selisih 65,10%. kapal TK. Lenggang Lima perbedaan antara J.O perencanaan dan J.O realisasi memiliki selisih 42%. kapal LCT. Bhaita Caturya perbedaan antara J.O perencanaan dan J.O realisasi memiliki selisih 49,30%. kapal KM. Tonasa Line XIV perbedaan antara J.O perencanaan dan J.O realisasi memiliki selisih 79,20%. Dari hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa hasil produktifitas proyek kapal tersebut rendah. Kata Kunci: Jam Orang, Replating


Abstract

ANALYSIS OF THE WORKMANSHIP REPLATING HOUR DIFFERENCE BETWEN PLANNING AND REALISATION IN PT. DOK DAN PERKAPALAN SURABAYA (Persero) Student Name : Dina Mandasari (6113030037) Supervisor : Ir. Boedi Herijono, MT. ABSTRACT Indonesia is a maritime country most of its territory is ocean. Marine transportation is the very thing needed to connect the island - the island in Indonesia. In the case of sea transport, the shipping world is dominant and very needed. The world cruise shipping is not free from problems. Ship itself has a variety of things that support ranging from manning, safety, ship owners. The ship owner will not be able to take care of and serving vessels - ships of their own that have stretch and be much much less abroad. The ship owner requires a working partner or someone else to fix the ship - ship them as replating. Substitution plate is important, because the plate is always touched by the liquid fluid into media operation of a ship. Based on the calculations in the chapter discussion of some data obtained SPCB. Sinar Jambi J.O difference between J.O planning and realization J.O has a difference of 72.90%. TB. Adang Bay J.O difference between planning and realization J.O has a difference of 65.10%. TK. Lenggang Lima J.O difference between planning and realization J.O has a difference of 42%. LCT. Bhaita Caturya J.O difference between planning and realization J.O has a difference of 49.30%. KM. Tonasa Line XIV J.O difference between planning and realization J.O has a difference of 79.20%. From these results it can be concluded that the results of the low productivity of the ship project. Keywords: Man hours, Replating


Detil Peneliti

Dosen Pembimbing 1 :Boedi Herijono
Dosen Pembimbing 2 :

Program Studi : D3 - TEKNIK PERANCANGAN DAN KONSTRUKSI KAPAL
Angkatan : 2013


Untuk mendapatkan versi full dari dokumen penelitian ini, Anda dapat melihat koleksi Buku Tugas Akhir di Perpustakaan Politeknik Perkapalan Negeri Surabaya pada jam kerja. Atau Anda dapat menghubungi penulis secara personal.