PERBANDINGAN KEBUTUHAN PELAT DAN JAM ORANG SECARA PERENCANAAN DENGAN PELAKSANAAN DI LAPANGAN PADA REPARASI LAMBUNG KAPAL TANTO SENTOSA

COMPARATIVE OF PLATE NEEDS AND MAN HOURS IN PLANNING WITH REALIZATION IN FIELD OF REPAIR SHIP HULL TANTO SENTOSA

Peni Ambarwati (6113030033)


Abstrak

Dalam proses reparasi kapal sangat dibutuhkan daftar pekerjaan apa saja yang harus dikerjakan untuk perbaikan kapal, salah satunya adalah pergantian plat pada lambung kapal. Untuk melakukan pergantian plat pada lambung kapal harus merencanakan kebutuhan plat dan jam orang kerja untuk menyelesaikan pekerjaan tersebut sampai selesai. Pada Tugas Akhir ini akan membandingkan hasil kebutuhan plat dan jam orang kerja melalui perhitungan secara perencanaan dengan pelaksanaan di lapangan. Perhitungan tersebut meliputi perhitungan pada pekerjaan replating bagian pelat dasar dan lambung, replating penguat-penguat dan braket-braket. Hasil dari perbandingan didapatkan perbedaan kebutuhan plat dan jam orang yang digunakan antara perencanaan dengan pelaksanaan di lapangan. Kebutuhan plat untuk pekerjaan replating lambung pada kapal Tanto Sentosa adalah 11000 kg untuk perencanaan. Sedangkan kebutuhan plat untuk pelaksanaan di lapangan adalah 14843,94 kg. Selisih kebutuhan plat perencanaan dengan pelaksanaan yang terjadi di lapangan sebanyak 3843.94 kg lebih banyak dari perencanaan dengan presentase 34.9% lebih besar dari perencanaan. Untuk kebutuhan jam orang secara perencanaan adalah sebesar 1608 kg dengan direncanakan standart produktifitas kerja sebanyak 7kg/JO. Namun pada pelaksanaan di lapangan terjadi kenaikan jumlah jam orang menjadi 4759 JO dengan pencapaian produktifitas hanya mampu mencapai 3.12kg/JO. Jumlah jam orang antara perencanaan dan pelaksanaan di lapangan adalah selisih 3151 JO dan 195.95% lebih banyak dari perencanaan. Kata kunci : Replating, Pelat, Jam Orang


Abstract

In the process of ship repair is needed list any work to be done to repair the ship , one of which is the turn of the plate to the hull . To make the turn plate to the hull must plan needs the plate and hours of work to f inish the job until completion. In this final project will compare the results of the plate and needs of man hours working through the calculation of planning with implementation in the field. The calculation includes the calculation of the base plate section replating job and stomach , replating the amplifier-amplifier and a bracket ? bracket. The results of the comparison obtained difference plate and the needs of man hours used between planning and implementation in the field . Replating plate needs to work on a ship hull Tanto Sentosa is 11000 kg for planning . While the need for implementation in the field plate is 14843.94 kg . Difference plate needs planning with execution happens on the field as much as 3843.94 kg more than the planning with the percentage 34.9 % greater than the planning . For the needs of man hours in planning amounted to 1608 kg with planned standards work productivity as much as 7kg / JO . However, the implementation in the field there was an increase the number of man hours into 4759 JO with achieving productivity is only able to reach 3.12kg / JO . The number of hours people between planning and implementation in the field is the difference JO 3151 and 195.95 % more than planning. Keywords : Replating , Plate , Man hours


Detil Peneliti

Dosen Pembimbing 1 :Aang Wahidin
Dosen Pembimbing 2 :

Program Studi : D3 - TEKNIK PERANCANGAN DAN KONSTRUKSI KAPAL
Angkatan : 2013


Untuk mendapatkan versi full dari dokumen penelitian ini, Anda dapat melihat koleksi Buku Tugas Akhir di Perpustakaan Politeknik Perkapalan Negeri Surabaya pada jam kerja. Atau Anda dapat menghubungi penulis secara personal.