ANALISA EFISIENSI PENGGUNAAN SISTEM KONSTRUKSI CAMPURAN, MEMANJANG, DAN MELINTANG DI BLOK 117 PADA KAPAL PERINTIS 1200 GT BERDASARKAN BERAT KONSTRUKSI DAN PENEMPATAN EYEPLATE

EFFICIENCY ANALYSIS OF MIXED USE CONSTRUCTION SYSTEM , LONGITUDINAL AND TRANSVERSE IN BLOCK 117 OF PIONEERS 1200 GT SHIP UNDER HEAVY CONSTRUCTION AND PLACEMENT EYEPLATE

Maful Suranto (6113030031)


Abstrak

ABSTRAK Pada galangan PT. Yasa Wahana Tirta Samudera membangun kapal perintis dengan 1200 GT, kapal tersebut menggunakan sistem konstruksi melintang. Dengan merubah sistem konstruksi, posisi berat maupun titik berat akan berubah pula. Perubahan sistem konstruksi ini diharapkan memudahkan desainer untuk mempertimbangkan pemilihan sistem konstruksi selain dari kekuatan dan mengetahui persenan secara garis besar pada perbedaan sistem konstruksi tersebut agar menguntungkan bagi pihak pemilik kapal. Dari gambar sistem konstruksi melintang yang sudah ada kemudian didesain ulang menjadi sistem konstruksi memanjang maupun kombinasi dilanjutkan dengan menggambar nesting. Setiap bagian pada nesting di hitung berat maupun titik beratnya secara keseluruhan sehingga dapat diketahui perubahan dari sistem konstruksi sebelumnya. Untuk perhitungan digunakan manual dan perhitungan dengan Autodesk Inventor Professional 2015 sehingga perhitungan software menjadi tolak ukur pada perhitungan manual. Pada perhitungan berat menggunakan manual sistem konstruksi memanjang 0.0125% lebih ringan dan perhitungan software 0.0123% lebih ringan. Untuk sistem konstruksi kombinasi 0.0031 % lebih ringan dan perhitungan software 0.0029 % lebih ringan dari konstruksi sebelumnya. Pada perhitungan titik berat menggunakan manual sistem konstruksi memanjang pada sumbu x = 0 %, sumbu y = 0.0044 % dan sumbu z = 0.0049 % arah menjauhi 0. Untuk perhitungan software sumbu x = 0, sumbu y = 0.00528 % dan sumbu z = 0.00495 % arah menjauhi 0. Untuk sistem konstruksi kombinasi untuk perhitungan manual pada sumbu x = 0 %, sumbu y = 0.00569 % dan sumbu z = 0.00463 % arah menjauhi 0 dan untuk perhitungan software sumbu x = 0%, sumbu y = 0.00998 % dan sumbu z = 0.00467% arah menjauhi 0. Kata kunci : Sistem Konstruksi, Berat, Titik Berat.


Abstract

ABSTRACT Yasa Wahana Tirta Samudra Shipyard is building a 1200 GT passanger ship ,and it uses transversal construction system. With Modification the construction system, the weight and the centre of gravity will definitely change. The Modification of construction system is hoped can make the designer easier to decide the most efficient construction system apart from the strength and know the difference of those construction systems so that it?s profitable to an owner. Based on the drawing of transversal construction system , it?s redesigned to be a longitudinal construction system or mixed system and then next is drawing a nesting. Every part in nesting drawing is calculated to the weight and centre of gravity so that it can be known the difference from last construction system. To calculation the used manual and calculation by Autodesck Inventor Professional 2015 so that the software calculation is becoming reference of manual calculation. In the calculation of weight using the manual system construction extending 0.0124% lighter and calculation software 0.0123% lighter. For a combination of system construction 0.0031% lighter and calculation software 0.0029% lighter than previous construction. In the calculation of gravity using a manual system construction longitudinal axis x = 0%, the axis y = 0.0044% and 0.0049% axis direction z = 0. For calculation software away from the axis x = 0, y = 0.00528% axis and axis z = 0.00495% directions away from 0. for construction system combination for manual calculation on the axis x = 0%, the axis y = 0.00569% and 0.00463% axis z = 0 and for a direction away from the x-axis software calculation = 0% = 0.00998% y-axis and z-axis = 0.00467% directions away from 0. Keywords: Systems Construction, Heavy, Heavy Point


Detil Peneliti

Dosen Pembimbing 1 :Zuhri Noor
Dosen Pembimbing 2 :

Program Studi : D3 - TEKNIK PERANCANGAN DAN KONSTRUKSI KAPAL
Angkatan : 2013


Untuk mendapatkan versi full dari dokumen penelitian ini, Anda dapat melihat koleksi Buku Tugas Akhir di Perpustakaan Politeknik Perkapalan Negeri Surabaya pada jam kerja. Atau Anda dapat menghubungi penulis secara personal.