ANALISA PERBANDINGAN PERHITUNGAN BIAYA KEBUTUHAN PLAT PEMBUATAN KAPAL MINI DREDGER 315

COMPARATIVE ANALYSIS CALCULATION OF COST OF MAKING THE NEED FOR PLATE PONTON DREDGER 315 MINI

Reyhan Ramzy Anwar (6113030029)


Abstrak

Kapal Mini Dredger 315 ini adalah salah satu kapal keruk yang dibuat oleh PT. Pelindo Marine Service untuk di sewakan dalam proses pengerukan kapal. Keunggulan lain dari kapal mini dredger 315 adalah mudah untuk dibongkar/pasang dan dimasukkan dalam peti kemas. Kapal ini memiliki tebal plat yang sama di bagian sisi ataupun bottom nya sedangkan menurut teori seharusnya plat bagian bottom lebih tebal daripada bagian sisi kapal. Proses analisa perbandingan plat ini dilakukan beberapa tahap pengerjaan yang pertama dengan mengumpulkan data kapal seperti data ukuran kapal, biaya yang di butuhkan untuk pembuatan ponton, gambar kapal,dan gambar konstruksi ponton kapal Mini Dredger 315. Selanjutnya menghitung tebal plat yang di butuhkan menggunakan teori, menghitung profil L, menghitung gading besar atau Web Frame, dan menentukan harga setiap plat sesuai dengan tebal nya. Setelah di di dapatkan harga nya dilanjutkan dengan menghitung jam orang untuk pengerjaan kapal mini dredger serta biaya nya. Dari hasil perhitungan di dapatkan selisih dari perhitungan plat dan kenyataan di lapangan adalah 2137 Kg untuk kebutuhan plat Web Frame di selisih dari perhitungan kebutuhan plat dan kenyataan di lapangan adalah 1589 Kg untuk kebutuhan profil L di butuhkan ukuran 60 x 40 x 6 tetapi untuk ukuran ini menyita waktu pengerjaan karena profil tersebut tidak di jual belikan. Kebutuhan menurut teori tidak selalu sesuai dengan di pasaran. Karena ukuran nya tidak sesuai dengan buatan pabrik maka di dapatkan kelebihan beban sebesar 4811 Kg dari perhitungan. Kata Kunci : Kebutuhan Plat, Harga Plat di Pasaran, Perhitungan material


Abstract

ABSTRACT Dredger Mini 315 ships are one dredger made by PT. IPC's Marine Service in the rental in the process of dredging vessels. Another advantage of the mini dredger ship 315 is easy to be dismantled / tide and put in a container. These ships have the same plate thickness at the sides or bottom of her while in theory should plat bottom part is thicker than the side of the ship. The process of plate comparative analysis was conducted several stages of processing of the first to gather data aboard vessels such as the data size, the cost of which is needed for the manufacture of pontoons, ship drawings and construction drawings pontoon vessel Dredger Mini 315.Selanjutnya calculates the plate thickness is needed to use the theory, L profiles calculate, calculate large ivory or web Frame and determine the price of each plate according to its thickness. Once in her get followed by calculating hours for the working person mini dredger ship as well as its costs. From the calculation results get the difference of the calculation of the plate and the reality in the field is 2137 Kg for the needs plat Web Frame on the difference of perhitunang kebutuhanplat and the reality in the field is 1589 Kg for the needs profile of L needed a size of 60 x 40 x 6 but for the size of seized processing time because the profile is not sold traded. Needs in theory does not always correspond to its size pasaran.Karena not in accordance with factory-made then get overloaded by 4811 Kg of calculation. Keywords: Needs Plat, Plat Prices in the Market, material calculation


Detil Peneliti

Dosen Pembimbing 1 :Hariyanto Soeroso
Dosen Pembimbing 2 :

Program Studi : D3 - TEKNIK PERANCANGAN DAN KONSTRUKSI KAPAL
Angkatan : 2013


Untuk mendapatkan versi full dari dokumen penelitian ini, Anda dapat melihat koleksi Buku Tugas Akhir di Perpustakaan Politeknik Perkapalan Negeri Surabaya pada jam kerja. Atau Anda dapat menghubungi penulis secara personal.