ANALISIS TEKNIS DAN EKONOMIS PENCEGAHAN KOROSI PADA LAMBUNG KAPAL DENGAN VARIASI SISTEM PENCEGAHAN ICCP DIBANDINGKAN DENGAN SACP PADA KAPAL SSV 123 M

TECHNICAL AND ECONOMICAL ANALISYS OF CORROTION PREVENTIVE OF SSV SHIP?S HULL 123 M BY USING VARIANT OF ICCP COMPARE TO SACP

Reza Gadis Pamungkas (6113030028)


Abstrak

ABSTRAK Perlindungan badan kapal terhadap korosi dengan menggunakan metode cathodic protection Pada prinsipnya adalah sel elektrokimia untuk mengendalikan korosi dengan mengkonsentrasikan reaksi oksigen pada sel galvanic dan menekan korosi pada katoda dalam sel yang sama. Pada proteksi katodik, logam yang akan dilindungi dijadikan katoda dan reaksi oksidasi terjadi di anoda. Oleh sebab itu perlindungan terhadap korosi sangat penting untuk dilakukan, pemilihan jenis anoda dan penentuan kebutuhan jumlah anoda juga tidak kalah penting. Ada dua macam perlindungan katodic yang di gunakan yaitu ICCP (Impressed Current Cathodic Protection) dan SACP (Sacrificial Anode Cathodic Protection) dimana dalam menentukan jumlah anodanya dapat dilakukan melalui observasi dari aturan aturan yang ada, serta pengalaman di lapangan dan wawancara dapat dijadikan suatu pertimbangan dalam penentuan jenis anoda dan mengestimasi kebutuhan anoda tersebut. Kedua system tersebut dibandingkan dalam jangka 20 tahun, dari segi teknis dengan menggunakan perbandingan perhitungan sesuai standar DnV, yang dibandingkan dari tahap desain, tahap instalasi, dan maintenance, dari segi ekonomis perbandingan dibedakan dari tahap pengadaan komponen-komponen sistem, tahap instalasi, dan tahap maintenance. Kebutuhan material aluminum anode adalah 70 pcs dengan berat 5,2 kg sedangkan untuk titanium anode material yang di butuhkan 22 pcs. Biaya anoda total untuk kebutuhan aluminum anode adalah Rp 641.356.900,00 dan untuk titanium anode Rp 305.405.000,00. Kata kunci : Korosi, Proteksi Katodik, Kebutuhan Anoda, Jenis Anoda


Abstract

ABSTRACT Ship?s hull protection against corrotion by using cathodic protection method in principal is a cell of electrochemical to maintain corrotion by concentrating Oxygen reaction into galvanic cell and pushing the corrotion into the same cell of cathode. On cathodic protection method, the metal that wished to be protected will become the cathode and the oxidation reaction will occur in anodes. Because of that, protection against corrotion is pretty crucial to do. Choosing right anodes variant also one of crucial aspect. There are two kind of cathodic protection method that commonly used, they are ICCP (Impressed Current Cathodic Protection) and SACP (Sacrfial Anode Cathodic Protection) where in determining amount of anodes can be seen by doing observation from existing rules, also experiences in field and interview dialog that can be used as consideration. Both of those method will be compared in 20 years ahead in the aspect of technical by using standard calculation of DnC, that will be compared with design, installation step, and maintenance, from the aspect of economy will be compared by material procurement, installation step, and maintenance. Material necessities of aluminum anode are 70 pcs with 5,2 kg weight, and 22 pcs of titanium anode. Total cost of anode necessities of aluminum anode are Rp. 641.356.900,00 and titanium anode are Rp. 305.405.000,00. Key Word : Corrotion, Cathodic Protection, Anode Requirement, Anode Variant


Detil Peneliti

Dosen Pembimbing 1 :Tri Karyono
Dosen Pembimbing 2 :

Program Studi : D3 - TEKNIK PERANCANGAN DAN KONSTRUKSI KAPAL
Angkatan : 2013


Untuk mendapatkan versi full dari dokumen penelitian ini, Anda dapat melihat koleksi Buku Tugas Akhir di Perpustakaan Politeknik Perkapalan Negeri Surabaya pada jam kerja. Atau Anda dapat menghubungi penulis secara personal.