ANALISA KEKUATAN KONTRUKSI GELADAK PADA KONVERSI PONTOON LL-2517 KE CONTAINER BARGE

STRENGTH ANALYSIS OF DECK CONSTRUCTIONS FOR PONTOON?S LL-2517 CONVERTION TO CONTAINER BARGE

Yafi Dresta Adi Wiradikna (6113030022)


Abstrak

Payload adalah kemampuan sebuah kapal mengangkut muatan dalam jumlah maksimum yang kemudian muatan tersebut didistribusikan dan dibiayai dari satu tempat ke tempat lainnya. Dewasa ini, perkembangan jumlah muatan hasil tambang yang cenderung menurun, dan kurangnya kapal container dalam jarak dekat menjadi faktor utama dikonversinya kapal pontoon LL-2517 untuk optimasi payload. Konversi tersebut tentunnya mempengaruhi perubahan jenis pembebanan yang diberikan oleh muatan. Pada Tugas Akhir ini, penulis akan melakukan analisa kekuatan terhadap kontruksi geladak kapal pontoon LL-2517 setelah dikonversi ke muatan container sehingga mampu mengetahui kriteria penerimaan berdasarkan stress aktual, deformasi dan faktor keamanan. Untuk memperoleh hasil analisa, dilakukan dengan menggunakan software F.E.M ANSYS untuk running pembebanan. Dari hasil analisa dapat diketahui jumlah muatan yang mampu diangkut dan ukuran penguat tambahan jika kekuatan tidak memenuhi optimasi payload. Hasil dari analisa kekuatan kontruksi geladak, didapatkan data tegangan maksimum adalah sebesar 266,7 MPa, deformasi sebesar 23 mm, faktor keamanan sebesar 0,67, dan mampu menanggung beban aman sebesar 45 ton stack load. Berdasarkan ketentuan rules B.K.I bahwa tegangan maksimum yang diizinkan hanya sebesar 180 MPa, faktor keamanan izin 1 dan payload yang diminta oleh owner adalah 60-70 ton, maka kekuatan kontruksi geladak semula tidak aman dipergunakan untuk muatan container. Berdasarkan olahan data dan running analisa, didapatkan solusi agar kekuatan kontruksi geladak memenuhi terhadap optimasi payload dengan menambahkan penguat baru pada daerah container?s corner jenis deck transverse berbentuk L Type dengan ukuran 800 x 300 FLG x 15 mm dan bracket 800 x 800 x 20 mm Kata Kunci: Konversi, Kekuatan geladak, dan Payload


Abstract

Payload is a capability of ship for carrying cargo in maximum quantity and then the cargo is distributed and paid from one place to another place. In the present, the development of field cargos are decreasing and have minimum container ship in short distance are becoming main reason to convert pontoon LL-2517 for carrying maximum payload. The convertion of pontoon surely affect to load type from the cargos. In this final assignment, the writer will make a strength analysis for deck construction of pontoon LL-2517 after it was converted to containers load then the writer know the acceptance criteria based on actual stress, deformation, and safety factor. For knowing the result of analysis, the writer used a software F.E.M ANSYS to run load simulation. From the analysis result, it can be known the quanitity of load that could be permitted to carry and the dimension of added girder if the strength of deck construction is suitable to payload optimization. The result of deck strength analysis, shows the data of maximum stress is 266,7 MPa,the deformation is around 23 mm, and the safety factor is 0,67, and can be safely loaded at 45 ton stack load. Based on rules of B.K.I claims that the maximum of permissible stress is only 180 MPa, the safety factor is 1, and the payload owner?s requirement is 60-70 ton, then the strength of deck construction is unsafe to use for containers load. Based on calculated data and running analysis, there is a solution for the strength of deck construction that?s for safely deck load by add new girder at conainer?s corner area, deck transverse type, and L shape with dimension 800 x 300 FLG x 15 mm and bracket 800 x 800 x 20 mm. Keywords: Convertion, Deck Strength, and Payload


Detil Peneliti

Dosen Pembimbing 1 :Heru Lumaksono
Dosen Pembimbing 2 :

Program Studi : D3 - TEKNIK PERANCANGAN DAN KONSTRUKSI KAPAL
Angkatan : 2013


Untuk mendapatkan versi full dari dokumen penelitian ini, Anda dapat melihat koleksi Buku Tugas Akhir di Perpustakaan Politeknik Perkapalan Negeri Surabaya pada jam kerja. Atau Anda dapat menghubungi penulis secara personal.