KAJIAN TEKNIS PENGARUH JARAK SIDE HULL TERHADAP NILAI HAMBATAN KAPAL PADA TIPE KAPAL KATAMARAN

TECHNICAL ASSESSMENT OF HULL SIDE EFFECT OF DISTANCE OF SHIP TO TYPE VALUE OF OBSTACLES CATAMARAN SHIP

Lenny Margaretha (6113030017)


Abstrak

ABSTRAK Salah satu perkembangan dalam desain kapal adalah kapal katamaran. Kapal katamaran memiliki dua lambung yang mempunyai beberapa kelebihan, salah satunya adalah memiliki tahanan yang lebih kecil dibandingkan dengan kapal monohull, sehingga kapal katamaran lebih baik daripada kapal monohull. pada kapal katamaran nilai hambatan pada lambung kapal dipengaruhi oleh jarak antar side hull. Dalam melaksanakan analisa ini dilakukan beberapa tahapan pengerjaan yaitu, menentukan variasi jarak side hull kemudian dilakukan pembuatan model kapal katamaran dengan berbagai variasi jarak side hull pada software maxsurf pro. Dalam proses pengerjaan ini akan di gunakan software maxsurf resistance untuk menganalisa hambatan kapal. Desain kapal katamaran yang dimana jarak lambung telah divariasikan sebanyak 4 jarak side hull. Sehingga dalam pengujian yang telah dilakukan, nilai hambatan yang paling besar terjadi pada jarak side hull kecil. Meskipun jarak side hull besar memperoleh nilai hambatan yang naiknya tidak signifikan. Dari nilai hambatan juga mempengaruhi daya mesin yang digunakan. Dimana nilai hambatan yang diperoleh semakin besar, maka besar daya mesin yang didapatkan juga semakin besar. Dan sebaliknya jika nilai hambatan kecil maka kecil daya mesin yang diperoleh. Maka dari hasil tersebut jarak side hull sangat mempengaruhi nilai hambatan dan besarnya daya mesin yang digunakan. Kata Kunci : katamaran, hambatan kapal, maxsurf


Abstract

ABSTRACT One of the developments in ship design is catamarans. Catamaran ship had a double hull which has several advantages, one of which is resistance, which the resistance of catamaran is smaller than the monohull vessel, so the catamarans better than monohull boats. on a catamaran ship hull, resistance value is influenced by the distance between the side hull. In performing this analysis conducted several stages of processing, namely, determining the distance variation hull side then do modeling catamarans with a variety of side hull within the pro maxsurf dongle software. In the process it will use the software to analyze barriers maxsurf dongle resistance vessels. Design catamaran ship hull that is where distance has varied as much as 4 within side hull. Thus, in testing that was done, the value of the greatest obstacles occur at distances smaller hull side. Despite the large hull side distance gain value that the increase was not significant obstacles. Of the value of constraints also affect the power of the engine used. Wherein the resistance value obtained increasingly large, then a large engine power obtained is also getting bigger. And vice versa if the resistance value is small then obtained power small engines. So from these results within side hull greatly affect the value of resistance and the amount of power used machinery. Keywords: catamarans, boats barriers, maxsurf


Detil Peneliti

Dosen Pembimbing 1 :Aang Wahidin
Dosen Pembimbing 2 :

Program Studi : D3 - TEKNIK PERANCANGAN DAN KONSTRUKSI KAPAL
Angkatan : 2013


Untuk mendapatkan versi full dari dokumen penelitian ini, Anda dapat melihat koleksi Buku Tugas Akhir di Perpustakaan Politeknik Perkapalan Negeri Surabaya pada jam kerja. Atau Anda dapat menghubungi penulis secara personal.