ANALISA PERBANDINGAN BERAT KONSTRUKSI CARGO HOLD KAPAL PERINTIS 2000 GT BERDASARKAN RULE BKI DAN BUREAU VERITAS

ANALYSIS OF CONSTRUCTION WEIGHT COMPARISON OF CARGO HOLD PERINTIS SHIP 2000 GT BASED ON RULE BKI AND BUREAU VERITAS

Yunita Nurul Hartanti (6113030005)


Abstrak

ABSTRAK Indonesia merupakan negara maritim terbesar di dunia, dimana sektor kelautannya dapat menghasilkan seperempat APBN atau setara dengan lima ratus triliun, namun belum dikelola dengan baik dan optimal. Selama ini, banyak orang memandang laut sebagai pemisah daratan, sehingga muncullah gagasan Tol Laut. Tol Laut yang dimaksud adalah membangun transportasi laut dengan kapal atau sistem logistik kelautan, yang melayani tanpa henti dari Sabang hingga Merauke. Dengan adanya program Tol laut ini, pengusaha galangan kapal Indonesia kini memperoleh banyak proyek pembangunan kapal. Dalam setiap pembangunan kapal baru tentunya harus disertai dengan rekomendasi rule dari pihak ship owner. Setiap rule mempunyai aturan tersendiri dalam perhitungan konstruksinya, sehingga menghasilkan ukuran konstruksi yang berbeda-beda. Pemilihan desain dan material yang lebih efisien dalam membuat suatu konstruksi seringan mungkin merupakan pertimbangan yang dilakukan oleh perusahaan galangan kapal dalam perancangan dan pembuatan kapal baru. Dalam tugas akhir ini penulis membandingkan berat konstruksi dengan menggunakan 2 rule yaitu BKI dan Bureau Veritas. Perhitungan konstruksi dilakukan pada bagian Cargo Hold Kapal Perintis 2000 GT, sedangkan perhitungan berat konstruksi menggunakan metode Assembly Part List. Dari hasil perhitungan berat yang telah dilakukan didapatkan hasil perhitungan berat menggunakan rule BKI sebesar 48.16 Ton dan rule Bureau Veritas sebesar 52.59 Ton. Dari kedua hasil tersebut, dapat disimpulkan bahwa rule BKI menghasilkan berat konstruksi yang lebih ringan dibandingkan rule Bureau Veritas. Selisih dari perbandingan berat konstruksi Cargo Hold Kapal Perintis 2000 GT dengan menggunakan rule BKI dan Bureau Veritas adalah 4.43 Ton. Dengan berat konstruksi yang ringan, maka kita akan mendapatkan daya muat yang besar sehingga hal ini akan menguntungkan. Kata Kunci : Tol Laut, Kapal Perintis, Berat Konstruksi, BKI, Bureau Veritas


Abstract

ABSTRACT Indonesia is a maritime country in the world, where the maritime sector can generate a quarter of the state budget, equivalent to five hundred billion, but has not been managed properly and optimally. During this time, many people consider the sea as a separator mainland, so came the idea of the Sea Highway. Sea Highway that mean is building a marine transportation by ship or marine logistics system, which serves nonstop from Sabang to Merauke. With the Sea Highway Program, now entrepreneurs Indonesian shipyard get a lot of ship building projects. In every new ship construction must be accompanied with rule recommendation of the ship owner. Every rule has its own rules in the calculation of their construction, so resulting in a different construction size. Selection of the design and material that is more efficient in making a construction as light as possible is a consideration made by the company shipyard in the design and manufacture of new ship. In this thesis the author compares the construction weight using 2 rules that BKI and Bureau Veritas. Construction calculations were done on the Cargo Hold Perintis Ship 2000 GT, while the construction weight calculations using Assembly Part List Method. From the calculation result of weight that has been done by the the calculation result of weight use BKI rule amounted to 48.16 tons and the Bureau Veritas rule amounted to 52.59 tons. From the results, we can conclude that the rule BKI produce construction weight that is lighter than the Bureau Veritas rule. The difference of the ratio construction weight Cargo Hold Perintis Ship 2000 GT using BKI rule and Bureau Veritas is 4.43 Ton. With a light construction weight, then we will get a large capacity so that it will be profitable. Keywords: Sea Highway, Perintis Ship, Construction Weight, BKI, Bureau Veritas


Detil Peneliti

Dosen Pembimbing 1 :Muhammad Afif Shobach
Dosen Pembimbing 2 :

Program Studi : D3 - TEKNIK PERANCANGAN DAN KONSTRUKSI KAPAL
Angkatan : 2013


Untuk mendapatkan versi full dari dokumen penelitian ini, Anda dapat melihat koleksi Buku Tugas Akhir di Perpustakaan Politeknik Perkapalan Negeri Surabaya pada jam kerja. Atau Anda dapat menghubungi penulis secara personal.