DESAIN PARTISI FRAME ALUMINIUM DAN PANEL KNOCK DOWN PADA CABIN KERETA API DENGAN SISTEM MODULAR

DESIGN PARTITION FRAME ALUMINIUM AND PANEL KNOCK DOWN IN THE CABIN OF TRAIN WITH MODULAR SYSTEM

Titin Wahyu Septiyana (6113030004)


Abstrak

Konsep industri secara konvensional berangsur-angsur mulai ditinggalkan dan berubah menjadi lebih modern. Pemakain sistem modular merupakan salah satu teknologi yang layak dipertimbangkan. Beberapa dekade yang lalu sistem ini mulai dikenal di Indonesia, namun baru dimanfaatkan oleh produsen dalam skala kecil. Tujuan yang diinginkan yaitu untuk mengetahui pengaruh hasil modifikasi dengan sistem modular terhadap proses pemasangan pada kereta. Penelitian ini dari desain awal hingga menjadi hasil modifikasi hanya menggunakan software atau sering disebut juga intregasi secara digital. Dengan integrasi secara digital dari berbagai aspek yang dibutuhkan untuk desain dapat dilakukan secara bersamaan sehingga dapat menghemat biaya dan waktu terutama untuk proses desain, proses fabrikasi, assemby-sub, assembly-part, simulasi operasional dan prototyping.Pada modifikasi desain kereta menggunakan software Pro-E dan Inventor. Tahap perombakan desain ini telah ditambahkan beberapa partisi-partisi baru yang nantinya akan memudahkan untuk proses assembly dan menambah kenyamanan serta keamanan bagi para pekerja di workshop setelah kereta termodifikasi. Selanjutnya tahap analisa kekuatan akan dilakukan proses pengolahan data dengan bantuan software ansys. Hasil yang diperoleh adalah desain partisi frame dan panel yang sebelumnya fix diganti knock down dengan menggunakan sistem modular. Pada desain sebelumnya pemasangan partisi panel dilakukan setelah partisi frame selesai tahap assembly, tetapi pada hasil modifikasi ini pemasangan panel dilakukan bersamaan pada tahap pemasangan frame. Selain itu, desain kereta akan lebih ringan dibanding sebelumnya karena material BS 4360 diganti dengan aluminium. Serta hasil analisa menggunakan software ansys defleksi yang diterima partition frame Al 6028 T6 sebesar 45,07 Mpa dan BS4360 sebesar 45,323 Mpa. Deformasi untuk Al 6028 T6 masih belum semua lebih kecil dari 0,005 tetapi untuk BS4360 semua nilai lebih kecil dari 0,005. Serta hasil savety factor Al6028 T6 sebesar 6,8, namun untuk BS4360 sebesar 10,14. Sehingga menurut analisa kekuatan masih kuat Al6028 T6, tetapi untuk deformasi masih aman material BS 4360.


Abstract

Industrial concept in conventional is gradually abandoned and grow up to be more modern used.The modular system is consider worthy tegnologi. In last view decade, the modular system was introduced to Indonesia, but it be recently used by a produser in small scope. The purpose that is needed is for knowing modification result efect with the modular system for processing train assembly. This research of the initial design to be result of modifications only used software or often also called intregasi in the digital. With intregasi in the digital of various aspects needed for the design can be done together so it is more optimally in the design process, the fabrication process, assemby-sub assembly-part, the simulation of operational and prototyping. In the modification process of the design train on software Pro-E and Inventor. The reshuffle this design was add a few partitions new will make it easer for the assembly and adds to the convenience of the workers at the workshop after the modified. Next phase analyzing the strenght of the will of data processing with the use of software ansys. The result be obtained is the design of the and panels which previously fix it has been replaced with knock down by using the system modular. In the design before the partition panel after the parition frames over the assembly, but on the outcome of the modification the panel by themselves at this stage of the installation of the frame. In addition, the design ot the train will be lighter than before because the material BS4360 be replaced with aluminium. And the result of the analysis using ANSYS software a deflection accepted Al 6028 T6 is 45,07 Mpa and Bs4360 is 45,323 Mpa. Deflection to Al 6028 T6 still not all smaller than 0,005, but for BS4360 all values smaller than 0,005. Then result of safety factor the matherial Al 6028 T6 is 6,8, but for BS4360 is 10,14. So according to analysis strenght still strong Al6028 T6, but for deformation still safe matherial BS4360.


Detil Peneliti

Dosen Pembimbing 1 :Aang Wahidin
Dosen Pembimbing 2 :

Program Studi : D3 - TEKNIK PERANCANGAN DAN KONSTRUKSI KAPAL
Angkatan : 2013


Untuk mendapatkan versi full dari dokumen penelitian ini, Anda dapat melihat koleksi Buku Tugas Akhir di Perpustakaan Politeknik Perkapalan Negeri Surabaya pada jam kerja. Atau Anda dapat menghubungi penulis secara personal.