ANALISA STABILITAS AKIBAT REPOWERING MESIN PADA KT.ANGGADA DI PT.PELINDO MARINE SERVICE

ANALISYS THE STABILITY DUE TO MAIN ENGINE REPOWERING OF KT. ANGGADA XIV AT PT. PELINDO MARINE SERVICE

Okta Pebri Triwijaya (6113030001)


Abstrak

ABSTRAK Kapal tunda (tug boat) adalah sebuah kapal yang digunakan sebagai pendorong dan penarik kapal. Pada dasarnya kapal tunda digunakan untuk menarik atau mendorong kapal dari laut untuk di rapatkan atau disandarkan di pelabuhan. KT. Anggada XIV dibuat pada tahun 1987 dengan 2 main engine yang masing ? masing berkapasitas 486 HP. Kapal tersebut dibuat untuk melayani tunda di pelabuhan Pelindo III karena hanya memiliki kemampuan tarik (bollard pull) 10 ton. Kapal ini tidak mampu menarik kapal sesuai dengan kemampuan tariknya. Sehingga dilakukan repowering pada kapal ini agar sesuai dengan kemampuan tariknya. Dengan adanya repowering mesin dari 2x 486 HP menjadi 2x1000 HP tentunya akan mempengaruhi atau merubah berat mesin tersebut. Oleh karena itu perlu dilakukan pemeriksaan terhadap kondisi stabilitasnya. Apakah dengan adanya repowering mesin stabilitas dari KT.Anggada XIV ini masih memenuhi persyaratan atau tidak. Pengerjaan tugas akhir ini dimulai dengan mengumpulkan data kapal seperti data ukuran utama kapal, linesplan, rencana umum, dan berat mesin baru serta berat mesin lama yang akan digunakan untuk proses analisa. Selanjutnya menentukan kondisi pemuatan (loadcase) dengan 4 kondisi. Kondisi yang pertama saat kondisi loadcase kapal 0% dimana kapal tidak diisi muatan apapun. Kondisi kedua saat kondisi loadcase kapal 50% dimana semua tangki ? tangki pada kapal diisi setengah dari kapasitas tangki maksimum. Kondisi ketiga saat kondisi loadcase kapal 75% dimana semua tangki ? tangki pada kapal diisi hampir penuh dari kapasitas tangki maksimum. Kondisi keempat saat kondisi loadcase 100% dimana semua tangki ? tangki pada kapal terisi penuh. Dalam pengerjaan analisa stabilitas ini dibutuhkan software Hydromax Pro untuk membantu menghitung stabilitas kapal. Dari hasil analisa stabilitas meskipun pada kapal KT.Anggada XIV mengalami perubahan LWT dan letak titik G dari yang sebelumnya LWT = 151.215 ton, LCG= 10.536 m, KG = 2.922 m setelah proses repowering menjadi : LWT =109.005 ton, LCG =10.550 m di depan AP, KG = 3.279 m. Akan tetapi tiap-tiap kondisi pemuatan masih memenuhi standart IMO section A.749 (18). Kata Kunci : Repowering Mesin, KT.Anggada, Stabilitas


Abstract

ABSTRACT Tugboat (tug) is a boat that is used as a towing vessels. Basically tugboat used to pull or push the boat from the sea for anchoring at the harbor. KT. Anggada XIV was build on 1987 within twin main engine on it,and 486 HP capacity on each engine. The ship was build to serve as a tug on Pelindo III harbour, for it has only 10 tons towing capacity (bollard pull) on it. This ship can not fullfill it?s towing capacity, so repowering is needed in order to have a goodseving of towing. With the engine repowering from 2x 486 HP becomes 2x1000 HP, it will certainly affect or change the weight of the machine. Therefore, it is necessary to check the condition of stability, wheter the effect of repowering KT.Anggada XIV on it?s stability still meet the requirement. This final project is started by collecting data of vessels such as ship's principal dimensions data, linesplan, general plan, and the weight of the new engines and the old engines,The second step is determine the loading case or condition (loadcase) there are with four condition of it . The first condition is where the ship on 0% load. The second condition is 50% load on all tank. The third condition is 75% load on all tanks. And the fourth condition is 100% fully load. Hydromax Pro software are used to help to calculate the stability of the ship?s stability. Analysis of the vessel stability found that LWT and the location of point G of KT.Anggada XIV is changed, from LWT = 151 215 tonnes, LCG = 10 536 m, KG = 2,922 m before repowering. becomes: LWT = 144 550 tonnes, LCG = 10 538 m, KG = 3,038 m after repowering process. Each of them still meet the standard loading conditions section by IMO A.749 (18). Keywords: Engine Repowering, KT.Anggada, Stabillity


Detil Peneliti

Dosen Pembimbing 1 :Ruddianto
Dosen Pembimbing 2 :

Program Studi : D3 - TEKNIK PERANCANGAN DAN KONSTRUKSI KAPAL
Angkatan : 2013


Untuk mendapatkan versi full dari dokumen penelitian ini, Anda dapat melihat koleksi Buku Tugas Akhir di Perpustakaan Politeknik Perkapalan Negeri Surabaya pada jam kerja. Atau Anda dapat menghubungi penulis secara personal.