ANALISA KECEPATAN KAPAL PENANGKAP IKAN BERBAHAN FIBERGLASS BERDASARKAN BENTUK LAMBUNG (STUDI KASUS KM LATIH 10 POLITANI PANGKEP)

FISHING VESSEL VELOCITY ANALYSIS BASED ON FIBERGLASS HULL FORM (CASE STUDY KM LATIH 10 POLITANI PANGKEP)

Eric Yunianto (6112030045)


Abstrak

Bentuk lambung merupakan suatu komponen yang sangat penting dari sebuah kapal untuk merasakan kenyaman pada waktu berlayar. Hambatan kapal yang kecil merupakan suatu tujuan dalam pembangunan bentuk lambung (hull form) suatu kapal agar resistensi yang di dapat semakin kecil dan daya mesin yang dibutuhkan berkurang sehingga desain yang kita buat memiliki efesiensi yang baik. Di PT. F1 PERKASA Banyuwangi telah membangun kapal Latih Perikanan Fiberglass 60 GT dan pada tugas akhir ini akan merencanakan sebuah rancang desain atau bentuk Lambung kapal yang akan di gunakan pada kapal KM Latih Politani Pangkep. Untuk mendapatkan hasil yang diinginkan maka pengambilan data dilakukan dengan cara pengambilan data secara langsung pada kapal yang diteliti dan menggunakan software Maxsurf . Analisa penelitian ini dilakukan dengan berbagai cara penyelesaian menggunanakan perhitungan - perhitungan dasar mengenai dimensi kapal tersebut, dari dimensi yang sudah ada. Hasil dari analisa menggunakan software maxsurf yaitu hull speed di dapatkan nilai hambatan terkecil yaitu model 1 kapal ( Lambung V) 40,82 KN dengan kecepatan 13 knot. Dan dari hasil analisa untuk ruang muat tersebut untuk model 2 kapal ( Lambung U ) dapat menampung sekitar 16,951 Ton/ m3 lebih banyak 2,303 Ton/ m3 daripada kapal model 2 ( Lambung V ). Jadi desain kapal Latih Perikanan POLITANI tersebut ideal jika dibangun dengan memakai Lambung V. Kata kunci : Lambung, Kecepatan, Muatan


Abstract

Hull form is a very important component of a ship to feel the comfort at the time of sailing. Barriers small vessels is an objective in the construction of the hull form (hull form) a vessel so that the resistance in the can getting smaller and engine power required is reduced so that the design that we created has a good efficiency. In PT. F1 PERKASA Banyuwangi has built a fiberglass fishing boat 60 GT Practice and in this final task will be to plan an engineering design or hull form that will be used on the ship KM Train Politani Pangkep. To get the desired result, the data retrieval is done by taking data directly to the vessel under study and use the software maxsurf dongle. Analysis of the research is done in various ways completion use calculation - basic calculations regarding the dimensions of the vessel, from the existing dimensions. Results of analysis using software maxsurf dongle ie hull speed in getting the smallest resistance value model 1 vessel (hull V) 40.82 KN with a speed of 13 knots. And the results of the analysis to the load space to model 2 boat (hull U) can accommodate about 16.951 tons / m3 more 2,303 Ton / m3 rather than ship model 2 ( hull V). So POLITANI Fisheries Training ship design is ideal if built using hull V. Keywords: Hull, Speed, Payload


Detil Peneliti

Dosen Pembimbing 1 :Aang Wahidin
Dosen Pembimbing 2 :

Program Studi : D3 - TEKNIK PERANCANGAN DAN KONSTRUKSI KAPAL
Angkatan : 2012


Untuk mendapatkan versi full dari dokumen penelitian ini, Anda dapat melihat koleksi Buku Tugas Akhir di Perpustakaan Politeknik Perkapalan Negeri Surabaya pada jam kerja. Atau Anda dapat menghubungi penulis secara personal.