REDESAIN SPEED BOAT BERDASARKAN PEMASANGAN MESIN WATERJET PT. PELINDO MARINE SERVICE UNTUK SPEED BOAT OLAHRAGA WATERSKY MARINE CLUB PT. PMS

REDESIGN SPEED BOAT UNDER THE INSTALLATION OF MACHINES WATERJET PT. PELINDO MARINE SERVICE FOR SPEED BOAT MARINE CLUB SPORTS WATERSKY PT. PMS

Dinda Dyarwadi (6112030041)


Abstrak

Boat adalah salah satu kapal cepat yang banyak dioperasikan di indonesia saat ini, sesuai dengan fungsinya kapal boat memiliki kriteria kriteria masing masing. Misalkan untuk olahraga, wisata dan konvensional. Di PT. Pelindo Marine Service memiliki banyak speed boat seperti pilot boat dll, namun ada salah satu speed boat yang sudah tidak terpakai yang terbuat dari aluminium dengan panjang 6 m dengan 4 tempat duduk. Speed tersebut tidak terpakai karena bentuk bangunan atas yang sudah rusak karena terbakar. Rencana tugas akhir ini adalah akan membahas untuk me re-powering speed boat tersebut untuk dimanfaatkan sebagai sarana olahraga sky air, dimana untuk sky air harus memiliki kcepatan minimal 40 knot. Dalam me repowering speed boat ini terdapat berbagai perubahan mengenai general arrangement, disesuaikan dengan speed boat sky air berkecepatan 40 knot, selain itu juga mencari besar hambatan yang terjadi jika speed tersebut mencapai kecepatan 40 knot, dalam mencari hambatan tersebut dicari dengan menggunakan software maxsurf yaitu hull speed. Setelah semua memenuhi tinggal menganalisa stabilitasnya, untuk mencari stabilitas speed boat tersebut dicari dengan software hydromax dan harus sesuai standart stabilitas IMO. Setelah dianalisa dengan menggunakan software hull speed untuk pemilihan mesin menggunakan mesin waterjet dengan kapasitas tenaga sebesar 300 HP dengan jumlah total hambatan sebesar 14.01 KN, karena sebelumnya kapal tersebut menggunakan mesin tempel, maka terjadi perubahan sedikit untuk pondasi mesinya. Karena olahraga sky air membutuhkan speed yang cepat maka bangunan atas yang sebelumnya di hilangkan agar mengurangi berat dari kapal itu sendiri, hal itu juga akan mempermudah para pemain sky air untuk berolahraga. Untuk stabilitasnya kapal tersebut memenuhi standart imo IMO A.749 design criteria aplicable to all ship. Kata kunci : speed boat, water sky, hull form, IMO


Abstract

Boat is one of the many fast boats operated in Indonesia at this time, according to its criterion boat have each criterion. Suppose for sport, tourism and conventional. In PT. Pelindo Marine Service has a lot of speed boat as a pilot boat, etc., but there is one speed boat that are not used are made of aluminum with a length of 6 m with 4 seats. Speed is unused because the shape of the building on which has been damaged by fire. This final project plan is for me to discuss the re-powering of the speed boat to be used as a means sky sports water, where the water for the sky kcepatan must have at least 40 knots. In me repowering speed boat, there are various changes regarding the general arrangement, adapted to the speed boat sky water speed of 40 knots, while also looking for great obstacles that occur when the speed reaches a speed of 40 knots, in seeking these obstacles found using the software maxsurf dongle that hull speed. After all of fulfilling stay analyze its stability, speed boat to seek stability is sought by software hydromax and should according to standard IMO stability. Having analyzed using the software for the selection of hull speed machines using waterjet machine with a power capacity of 300 HP with a total of 14.01 KN constraints, because before the ship using outboard engine, then there is little change to the foundation mesinya. Because water sky sports require a rapid speed, the building on the previous one removed in order to reduce the weight of the ship itself, it will also make it easier for players to exercise water sky. For the stability of the vessel meets the standard criteria imo IMO A.749 design all aplicable to ship. Keywords: speed boat, water sky, hull form, IMO


Detil Peneliti

Dosen Pembimbing 1 :Ruddianto
Dosen Pembimbing 2 :

Program Studi : D3 - TEKNIK PERANCANGAN DAN KONSTRUKSI KAPAL
Angkatan : 2012


Untuk mendapatkan versi full dari dokumen penelitian ini, Anda dapat melihat koleksi Buku Tugas Akhir di Perpustakaan Politeknik Perkapalan Negeri Surabaya pada jam kerja. Atau Anda dapat menghubungi penulis secara personal.