ANALISIS PERBANDINGAN BERAT KONSTRUKSI AREA ENGINE ROOM FRAME 12 -16 PADA KAPAL UTILITY VESSEL S22 DI PT. ORELA SHIPYARD BERDASARKAN BKI DENGAN BV

ANALIYSIS OF CONSTRUCTION WEIGHT COMPARISON OF FRAME 12 ? 16 ENGINE ROOM AREA ON THE UTILITY VESSEL S22 SHIP AT PT. ORELA SHIPYARD BASED ON BKI AND BV

Eka Puspitasari (6112030021)


Abstrak

Seiring perkembangan zaman, alat transportasi laut kini sudah berkembang pesat, salah satunya kapal yang disebut Kapal Utility. Kapal Utility adalah Tug Boat serbaguna yaitu untuk mendorong, menarik, dan memindahkan unit offshore, tidak hanya itu kegunaannya tetapi juga dapat mengangkut peralatan dan perlengkapan pengeboran minyak lepas pantai (offshore). Kapal yang memiliki 2 mesin diesel ini mempunyai lambung yang kokoh dimana letak kekuatannya berada pada konstruksi sisinya. Sehingga dalam perhitungan dan perencanaan pemilihan ukuran konstruksinya, diusahakan mengutamakan yang paling ringan dan kuat dari segi berat konstruksi. Dengan mengacu pada area engine room kapal Utility Vessel S22, maka semua komponen konstruksi dihitung menggunakan rules BKI dan BV. Perhitungan dilakukan dengan dimensi material asli dari perhitungan konstruksi, untuk perhitungan berat dilakukan dengan Metode Piece Drawing dan Assembly Part List. Sehingga terdapat 2 hasil perhitungan berat pada khir nanti. Dari hasil perhitungan diketahui bahwa nilai berat konstruksi area engine room frame 12 -16 pada kapal Utility Vessel S22 yang dihitung dengan rules BKI pada frame 12-16 sebesar 8,03ton sedangkan berat konstruksi yang dihitung menggunakan BV sebesar 9,57 ton. Selisih ini menunjukkan bahwa rules BKI lebih ringan dibandingkan BV. Kata kunci : Kapal Utility, Berat Konstruksi, Ringan, Kuat.


Abstract

Along with the times, the transpotation nowadays has developed rapidly, for instance the ship called as Utility Ship. Utility Ship is multipurpose tug boat which is useful for pushing, pulling and moving the offshore unit. It can also transport tools and equipments of offshore oil drilling. It which has two main engine has solid hull whose power location is on the side construction. So that in terms of calculation and planning of the construction measurment, it can be cultivated for putting the lightest and the strongest as the priority based on the construction weight. With the engine room of Utility Vessel S22 ship as the hint, therefore all of the components of the construction are calculated by the BKI and BV rules. The calculation can be done by the original material dimenssion from the calculation, meanwhile the weight calculation can be done by the Piece Drawing Metode and Assembly Part List, so that there will be two kinds of the result of the weight calculation. From the result of this calculation, we know that the value of the constructions weight of the engine room area of the frame 12 - 16 on Utility Ships which is calculated by BKI rules toward frame 12 ? 16 is 8,03 tons, meanwhile the construction weight which is calculated by BV rules is 9,57 tons. The difference between both of the calculation shows that BKI rules is lighter than BV. Keywords: Utility Ships, Construction Weight, Light, Strong


Detil Peneliti

Dosen Pembimbing 1 :Muhammad Afif Shobach
Dosen Pembimbing 2 :

Program Studi : D3 - TEKNIK PERANCANGAN DAN KONSTRUKSI KAPAL
Angkatan : 2012


Untuk mendapatkan versi full dari dokumen penelitian ini, Anda dapat melihat koleksi Buku Tugas Akhir di Perpustakaan Politeknik Perkapalan Negeri Surabaya pada jam kerja. Atau Anda dapat menghubungi penulis secara personal.