desain ulang kapal LCT pengangkut penumpang dan kendaraan menjadi kapal Container pengangkut ISO tank container

Redesign of LCT Ship for Passenger and Vehicles into Container Ship that Carrying ISO Tank Container

Cahyo Putro Indro Suseno (6111030056)


Abstrak

DESAIN ULANG KAPAL LCT PENGANGKUT PENUMPANG DAN KENDARAAN MENJADI KAPAL CONTAINER PENGANGKUT ISO TANK CONTAINER Nama : Cahyo Putro Indro Suseno Dosen pembimbing : Wahyu Wiyati, ST. ABSTRAK Tingginya permintaan konsumen terhadap minyak membuat gas alam menjadi pilihan alternatif. Saat permintaan gas semakin meningkat, maka metode pengangkutan gas alam mengalami perkembangan. Keterbatasan alat transportasi yang ada saat ini tidak mampu menjangkau ke daerah-daerah tertentu di Indonesia khususnya daerah dengan peraiaran dangkal. Guna menyikapi permasalahan tersebut adalah dengan merencanakan alat transportasi laut untuk memberikan pasokan antar daerah yang tidak dapat dijangkau dengan jalur darat. Untuk mendukung lancarnya distribusi gas kepada konsumen, dibutuhkan jenis pengangkut dalam skala besar yaitu dengan menggunakan kapal yang didesain khusus mengangkut gas. Maka direncanakan sebuah kapal yang memiliki sarat rendah dan geladak yang luas dengan muatan ISO Tank/Tank Carrier berbentuk tabung dan dimasukkan dalam peti kemas. Jalur pelayaran yang akan ditempuh penyeberangan antar pulau untuk mencapai daerah terpencil biasanya melewati sungai dan sejenisnya. Proses perancangan kapal ini didapat dari ukuran kapal LCT sebelumya yaitu Loa= 33.27m, B=9m, H=2.8m, T=2.0m. Mendesain ulang semua bangunan atas dan tangki yang diletakkan pada peti kemas 20 ft yang berada pada geladak utama. Perancangan kapal juga dengan memperhitungan Tahanan, LWT, DWT, Trim, stabilitas dan sebagainya sesuai dengan proses perancangan. Dengan hasil analisis stabilitas pada kondisi kapal kosong maupun dengan muatan penuh dapat diketahui kapal hasil desain ulang tidak mengalami masalah pada stabilitas meski pengurangan jumlah muatan asalkan tangki ballast terisi sesuai dengan simulasi pada software maxsurf. Kata Kunci : Desain ulang, LCT, ISO Tank, Stabilitas


Abstract

Redesign of LCT Ship for Passenger and Vehicles into Container Ship that Carrying ISO Tank Container Name : Cahyo Putro Indro Suseno Preceptor : Wahyu Wiyati, ST. ABSTRACT The increasing demand from consumer towards oil makes natural gas become alternative option. When the request for gas keep increasing, method of carrying natural gas need to undergo development. But limited modes of transportation nowadays causing several region in Indonesia, especially area with low sea level hard to be reached. In response to that problem, making a sea transportation to give supply between regions which couldn?t be reach with land transportation is needed. To support gas distribution to consumer without any obstruction, large scale carrier like specialized designed ship to carrying gas is needed. That?s why a design about ship which has low draft and wide deck with content Tube shape ISO Tank/Tank Carrier and inserted in container. Voyage route that will be taken to reach one and another islands or isolated area usually are through river and such. The ship designing process are taken From LCT ship size before, that is Loa= 33.27m, B=9m, H=2.8m, T=2.0m. Redesign all buildings in the top and tank which placed in 20ft container which are placed in the main deck. Ship design also calculating hindrance LWT, DWT, Trim, stability, etc according to redesigning process manual. With the Result of stability analysis on empty or fully loaded ship could be concluded that the new ship design doesn?t has any problem on stability even though there are load reduction on the condition that ballast tank fully loaded and compatible with simulation on Maxsurf software. Keywords : Redesign, LCT, ISO Tank, Stability


Detil Peneliti

Dosen Pembimbing 1 :Wahyu Wiyati
Dosen Pembimbing 2 :

Program Studi : D3 - TEKNIK PERANCANGAN DAN KONSTRUKSI KAPAL
Angkatan : 2011


Untuk mendapatkan versi full dari dokumen penelitian ini, Anda dapat melihat koleksi Buku Tugas Akhir di Perpustakaan Politeknik Perkapalan Negeri Surabaya pada jam kerja. Atau Anda dapat menghubungi penulis secara personal.