ANALISA MODIFIKASI PENAMBAHAN BULBOUS BOW PADA DESAIN LAMBUNG KAPAL TUG BOAT

ANALYSIS OF MODIFIED ADDITION BULBOUS BOW ON TUG BOAT HULL DESIGN

Ahmad Faruq Gozali (6111030055)


Abstrak

Kapal Tug Boat adalah kapal yang digunakan untuk memandu, menarik atau mendorong kapal lainnya di pelabuhan, laut lepas atau melalui sungai atau terusan. Guna melakukan pekerjaan tersebut, kapal tug boat tersebut diharapkan memiliki daya mesin yang besar serta nilai tahanan kapal yang kecil, salah satu cara untuk mendapatkan tahanan kapal yang kecil yaitu dapat dilakukan pemasangan bulbous bow pada desain lambung kapal tug boat. Dalam menentukan keuntungan bulbous bow didasarkan pada nilai Cb, Fn dan untuk menentukan ukuran bulbous bow didasarkan pada panjang dan lebar kapal. Dalam tugas akhir ini jumlah variasi bulbous bow yang digunakan sebanyak 4 variasi dan didasarkan pada perubahan panjang bulbous bownya. Kemudian masing-masing variasi bulbous bow tersebut dianalisa tahanannya dengan menggunakan software Hullsped. Dari hasil analisa tersebut akan diketahui nilai tahanan kapal dari berbagai variasi model hasil modifikasi sehingga didapatkan nilai tahanan kapal yang paling kecil. Dari hasil analisa menggunakan metode Holtrop didapatkan bulbous bow variasi keempat dengan panjang 0,373 m, dan luasan bulbous bow sebesar 0,642 m2 mempunyai tahanan total kapal paling kecil yaitu sebesar 32.27 kN, lebih kecil 5,03 % dari desain awal tanpa bulbous bow. Kata kunci ; Tug boat, Bulbous bow, tahanan, dan Hullspeed


Abstract

Tug boat vessel is a ship which used to guide, pull, or pushes another ship in the harbor, ocean, river or canal. In order to do those work, this tug boat ship is highly expected has big power engine and also has a small ship resistance. One way to get this small ship resistance can be done by setting up bulbous bow in the tug boat hull design. In determining the advantage of bulbous bow, it must be based on the value of Cb and Fn. In addition, the length and width of the ship become the basis of determining the size of bulbous bow. The numbers of bulbous bow variation in this final project use 4 variations by considering the length of bulbous bow itself. After that, the resistance of each variation of bulbous bow is analyzed by using Hullspeed Software. From the result of this analysis, it will be exactly known the smallest resistance value of ship from various kind of modification result. The result of analysis using Holtrop method shows that the fourth variation of ship has the smallest resistance value of ship that is 32.27 kN. This bulbous bow has length 0,373 m, and area 0,642 m2. It can be concluded that the fourth variation of bulbous bow is 5,03% smaller than first design without bulbous bow. Keywords : Tug boat, Bulbous bow, resistance, and Hullspeed


Detil Peneliti

Dosen Pembimbing 1 :Bambang Teguh Setiawan
Dosen Pembimbing 2 :

Program Studi : D3 - TEKNIK PERANCANGAN DAN KONSTRUKSI KAPAL
Angkatan : 2011


Untuk mendapatkan versi full dari dokumen penelitian ini, Anda dapat melihat koleksi Buku Tugas Akhir di Perpustakaan Politeknik Perkapalan Negeri Surabaya pada jam kerja. Atau Anda dapat menghubungi penulis secara personal.