ANALISA PENYIMPANGAN ANTARA PERENCANAAN KEBUTUHAN JAM ORANG DAN MATERIAL DASAR DENGAN PELAKSANAAN DI LAPANGAN PADA BLOK SS1B KAPAL KCR 60-M

FRAUD ANALYSIS BETWEEN PLANNING NEEDS MAN HOURS AND BASIC MATERIAL REQUIREMENTS IMPLEMENTED IN THE FIELD OF THE SS1B?S BLOCK KCR 60-M SHIP DEVIATIONS ANALYSIS BETWEEN THE HOURS REQUIREMENTS PLANNING AND IMPLEMENTATION OF THE BASIC MATERIALS IN THE FIELD

Sera Dwi Pratiwi (6111030048)


Abstrak

ABSTRAK Jam orang (JO) adalah jam kerja yang dibutuhkan untuk menyelesaikan suatu pekerjaan sampai pekerjaan itu selesai. Material dasar yang berupa plat dan profil adalah komponen utama konstruksi kapal. Penetapan jam orang (JO) dan perencanaan kebutuhan material dasar sangat penting dilakukan agar tidak terjadi penambahan jam orang dan penggunaan material lebih efisien sehingga meminimal kerugian bagi perusahaan. Dalam menentukan data hasil perhitungan jam orang dan kebutuhan material pada proses pembangunan blok SS1B kapal KCR 60-M di PT. PAL terutama pada tahap fabrikasi, sub assembly, assembly, dan erection adalah membandingkan hasil perencanaan dan pelaksanaan di lapangan. Berdasarkan hasil analisa maka didapatkan ketidaksesuaian jumlah jam orang serta kebutuhan material dasar yang digunakan antara perencanaan dengan pelaksanaan di lapangan. Pada proses pembangunan blok SS1B kapal KCR 60-M tahap fabrikasi, sub assembly, assembly, dan erection kebutuhan jam orang perencanaan adalah 3018 jam orang, sedangkan pelaksanaannya 2264 jam orang, terjadi percepatan 133%. Untuk material profil HP 80X4 panjang 9000 mm direncanakan membutuhkan 27 buah, pada pelaksanaannya 37 buah. Maka dapat dilihat bahwa progress pengerjaan blok SS1B kapal KCR 60-M berjalan sesuai perencanaan, karena mengalami percepatan jam orang dalam pembuatannya. Sedangkan material profil yang digunakan mengalami penambahan dari perencanaannya. Kunci: Blok SS1B kapal KCR 60-M, jam orang, kebutuhan material dasar.


Abstract

ABSTRACT Man hours (JO) is the hours of work required to complete a job until the job is finished. Basic material in the form of plates and profile is the main components of the ship?s construction. Determination of man hours (JO) and the basic material planning is very important in order to avoid additional hours and more efficient use of materials so as to minimize losses of the company. In determining the results of data calculations and material needs of man hours on building SS1B?s block KCR60-M ship in PT. PAL especially at this fabrication stage, sub assembly, assembly, and erection is to compare the results of planning and implementation in the field. Based on the results of analysis obtained mismatches and the number needed of man hours and basic material used between planning and implementation in the field. On the building SS1B?s block KCR 60-M ship fabrication stage, sub assembly, assembly, and erection the need of the hours is 3018 man hours of the planning, execution while 2264 man hours, so accelerating 133%. For material planned profile HP 80X4 length 9000 mm requiring 27 pieces, but 37 pieces in practice. It can be seen that the progress of the construction SS1B?s block KCR 60-M ship goes according to plan, because the accelerated man hours. While the profile of the material used has the addition of planning. Key: SS1B?s Block KCR 60-M Ship, man hours, basic material requirements.


Detil Peneliti

Dosen Pembimbing 1 :Aang Wahidin
Dosen Pembimbing 2 :

Program Studi : D3 - TEKNIK PERANCANGAN DAN KONSTRUKSI KAPAL
Angkatan : 2011


Untuk mendapatkan versi full dari dokumen penelitian ini, Anda dapat melihat koleksi Buku Tugas Akhir di Perpustakaan Politeknik Perkapalan Negeri Surabaya pada jam kerja. Atau Anda dapat menghubungi penulis secara personal.