EFISIENSI PENGGUNAAN BALLAST PADA KMP 200 DWT PADA PROSES PELUNCURAN DENGAN MENGGUNAKAN AIRBAGS

EFFICIENCY ON THE USE OF BALLAST KMP 200 DWT ON LAUNCHING PROCESS USING AIRBAGS

Arif Fahmy (6111030044)


Abstrak

EFISIENSI PENGGUNAAN BALLAST PADA KMP 200 DWT PADA PROSES PELUNCURAN DENGAN MENGGUNAKAN AIRBAGS Nama : Arif Fahmy (6111030044) Pembimbing : Ir. Bambang Teguh Setiawan, MT. ABSTRAK PT. F1 Perkasa merupakan perusahaan galangan kapal yang cukup berkembang pada saat ini. Pada tahun 2012 PT. F1 Perkasa mendapatkan pekerjaan pembuatan kapal baja pertama yaitu KMP 200 DWT (Sabuk Nusantara ? 45) yang telah selesai dikerjakan pada Februari 2014 dan telah dilakukan peluncuran. Peluncuran kapal dilakukan dengan metode ship airbags. Hal ini mengacu pada ketersediaan fasilitas galangan dan perairan di sekitar Pantai Pacemengan Banyuwangi yang tidak terlalu dalam.Untuk mendapatkan stabilitas yang baik ketika sewaktu peluncuran, kapal diberi ballast penuh. Hal tersebut berdampak pada penentuan letak dan jumlah airbags. Untuk mengetahui stabilitas dan letak serta jumlah airbags yang dibutuhkan ketika peluncuran yaitu dengan dilakukan perhitungan berat kapal kosong. Perhitungan dilakukan dengan mengumpulkan data ? data kapal yaitu seperti gambar rencana umum dan gambar konstruksi kapal. Dari data tersebut kita dapat melakukan perhitungan dan mengetahui total berat kapal kosong serta berat air ballast maksimum. Setelah mengetahui berat kapal kosong kita dapat menghitung letak titik berat kapal baik dalam keadaan kosong, ketika kapal diisi ballast penuh, kapal diisi ballast penuh pada tangki I, dan kapal diisi ballast penuh pada tangki II serta mengetahui letak dan jumlah airbags yang dibutuhkan dari masing ? masing kondisi tersebut. Dari semua perhitungan yang telah dilakukan dapat diketahui bahwa sebaiknya kapal dilakukan peluncuran dengan menambahkan ballast penuh pada tangki ballast II. Hal ini mengacu terhadap kondisi kapal yang mempunyai stabilitas dan kebutuhan jumlah airbags yang paling optimal untuk dilakukan peluncuran jika dibandingkan dengan kondisi ? kondisi yang lain. Sehingga kapal tetap dapat meluncur dengan lancar dan aman tanpa menyentuh dasar laut. Kata Kunci: Peluncuran, Airbags, Ballast.


Abstract

EFFICIENCY ON THE USE OF BALLAST KMP 200 DWT ON LAUNCH PROCESS USING AIRBAGS Name : Arif Fahmy (6111030044) Supervisor : Ir. Bambang Teguh Setiawan, MT. ABSTRACT PT. F1 Perkasa is a shipbuilding company that is developing at the moment. In 2012 PT. F1 Perkasa to get a job first shipbuilding steel which KMP 200 DWT (Sabuk Nusantara - 45) which has been completed in February 2014 and has conducted the launch. The ship launch was conducted by ship airbags. This refers to the availability of facilities at the shipyard and the waters around the Pacemengan beach Banyuwangi which is not too deep. To obtain good stability when during the launch, the ship was given full ballast. It has an impact on the determination of the location and number of airbags. To determine the stability and the location and number of airbags needed when the launch is to empty ship weight calculation. The calculation is performed by collecting data such as pictures ship data is the general arrangement and construction profile of the ship. From these data we can perform calculations and determine the total weight of the empty ship and a maximum weight of water ballast. Once we know the weight of an empty ship can calculate the location of the center of gravity either empty ship, when the ship is filled full of ballast, the ship filled ballast tanks I full, and the ship is filled full ballast tank II and as well as locate the required number of airbags each these conditions. Of all the calculations that have been done can be seen that the ship should be done by adding ballast launch a full on tank II. This refers to the condition of the ship which has the stability and the need for the optimal number of airbags to do launch when compared with other conditions. So that ship can still launch smoothly and safely without touching the bottom of the sea. Keyword: Launch, Airbags, Ballast.


Detil Peneliti

Dosen Pembimbing 1 :Bambang Teguh Setiawan
Dosen Pembimbing 2 :

Program Studi : D3 - TEKNIK PERANCANGAN DAN KONSTRUKSI KAPAL
Angkatan : 2011


Untuk mendapatkan versi full dari dokumen penelitian ini, Anda dapat melihat koleksi Buku Tugas Akhir di Perpustakaan Politeknik Perkapalan Negeri Surabaya pada jam kerja. Atau Anda dapat menghubungi penulis secara personal.