ANALISA PERBANDINGAN PEMBANGUNAN KAPAL IKAN 30 GT MENGGUNAKAN MATERIAL KAYU DAN MATERIAL FRP

COMPARATIVE ANALYSIS OF 30 GT FISHING VESSEL DEVELOPMENT USING WOOD AND FRP MATERIAL

Oyong Rohmatullah (6111030042)


Abstrak

ABSTRAK Kayu memang merupakan awal mula bahan atau material yang digunakan dalam pembangunan kapal, baik kapal niaga maupun kapal transportasi. Namun seiring jumah bahan kayu yang semakin terbatas dan berkaitan erat dengan kerusakan hutan, maka pemerintah kini memperlakukan peraturan ketat dalam hal pemakaian bahan baku kayu. Perlunya diambil tindakan dengan mengganti ke bahan alternative lain, salah satunya adalah FRP. Keuntungan yang dapat diambil dari penggantian bahan dasar kapal ikan ini yaitu dari segi ekonomi. Bahan untuk pembuatan kapal FRP lebih murah dibandingkan kapal dengan bahan dasar kayu. Dengan melakukan perhitungan biaya pembuatan kapal kayu pada kapal Dewa Ruci 40 GT, kapalSaudara Nelayan 32 GT, dan kapal JogoSegoro 38 GT diketahui kebutuhan biaya untuk pembuatan kapal kayu per GT. Kemudian dilakukan juga perhitungan biaya pembuatan kapal FRP pada kapal Kepri 36 GT, kapal Bali 30 GT, dan kapal NTB 35 GT maka diketahui kebutuhan biaya untuk pembuatan kapal FRP per GT. Sehingga diperoleh harga pembuatan kapal kayu adalah Rp. 11.700.000/GT, sedangkan kapal FRP sebesar Rp. 10.300.000/GT. Selisih harga pembuatan kapal kayu dengan kapal fiber adalah `Rp. 1.400.000/GT. Untuk pembuatan kapal kayu 30 GT di perlukan biaya Rp. 351.000.000 , sedangkan untuk pembuatan kapal FRP 30 GT hanya di perlukan biaya Rp. 309.000.000. Maka diketahui pembuatan kapal ikan 30 GT lebih ekonomis menggunakan material FRP dibandingkan dengan material kayu, dengan prosentase selisih harga per GT sebesar 15%. Kata kunci : FRP, biaya pembuatan, Prosentase


Abstract

ABSTRACT Wood is the beginning of the material or the material used in the construction of ships, both commercial ships and ship transport. But as the sheer number of wood is increasingly limited and closely related to the destruction of forests, the government is treating the strict regulations in the use of wood raw material. Need for action to switch to other alternative materials, one of which is FRP. Advantage can be taken of the replacement of the basic ingredients of this fishing vessel that is economically. Materials for the manufacture of FRP boats cheaper than the ship with a wooden base. Bycalculatingthe cost ofshipbuildingtimberonthe shipDewaruci40GT, GT32FishermenCivilship,andthe shipJogoSegoro38GTunknowncost requirementsforthe manufacture oftimbershipsperGT.Thendoalsocosting manufactureFRPboatsinRiau36GTvessel,the vesselBali30GTand35GTNTB shipthenknowncost requirementsforthe manufacture ofFRPboatsperGT. In order to obtainthe priceof shipbuildingtimberisRp.11.700.000/GT, while theFRPboatsRp.10.3 million/GT.The price differencewooden boat buildingwithfiber boardis`Rp.1,400,000/GT.Forshipbuildingtimber30GTin need ofcostRp.351 million,while forthe manufacture ofFRPvessel30GTonly be requiredcostRp.309 million.Thenknownshipbuilding30GTfishmore economicaluseof FRPmaterialsthanwood materials,with the percentage ofthe difference in priceperGTby 15% Keyword : FRP, Cost of manufacture, Percentage


Detil Peneliti

Dosen Pembimbing 1 :Fathulloh
Dosen Pembimbing 2 :

Program Studi : D3 - TEKNIK PERANCANGAN DAN KONSTRUKSI KAPAL
Angkatan : 2011


Untuk mendapatkan versi full dari dokumen penelitian ini, Anda dapat melihat koleksi Buku Tugas Akhir di Perpustakaan Politeknik Perkapalan Negeri Surabaya pada jam kerja. Atau Anda dapat menghubungi penulis secara personal.