PERANCANGAN SEPEDA AIR SEBAGAI SARANA WISATA DI TAMAN PRESTASI : STUDI KASUS SUNGAI KALIMAS, SURABAYA

WATERBIKE DESIGN FOR WATER PARK TOURISM IN TAMAN PRESTASI : CASE STUDY OF KALIMAS RIVER, SURABAYA

Abdul Rosyid (6111030041)


Abstrak

Surabaya adalah salah satu kota yang mempunyai potensi wisata di jawa timur. Potensi yang mulai dikembangkan oleh pemerintah surabaya yaitu wisata sungai kalimas. Dari sini perlu adanya pemikiran atau ide yang mendukung program pemerintah tersebut untuk memanfaatkan potensi sungai kalimas dimana salah satunya berlokasi di taman prestasi. Maka timbulah suatu ide untuk merancang sepeda air sebagai pendukung program pemerintah kota surabaya. Dalam membuat sepeda air tersebut, hal yang pertama dilakukan adalah menentukan displacement sepeda air. Hasil displacement sepeda air ini bernilai 300 kg. Setelah mendapatkan nilai displacement dilakukan pengumpulan beberapa sample sepeda air yang sudah ada untuk dilakukan metode regresi linier. Hasil dari metode regresi linier ini berupa grafik dan persamaan, yang selanjutnya akan diinput nilai displacement untuk mendapatkan nilai ukuran utama sepeda air. proses selanjutnya adalah membuat desain model dengan menggunakan maxsurf, rencana umum, skema transmisi dan analisa stabilitas sepeda air. Langkah ? langkah tersebut berurutan, jika terjadi kesalahan perlu dilakukan pengulangan. Hasil ukuran utama yang didapatkan dari regresi linier benilai Loa = 3 m, B = 0.25 m, H = 0.6 m dan D = 0.31 m. Selanjutnya dihasilkan gambar berupa desain model sepeda air, rencana umum dan analisa stabilitas sepeda air yang bernilai sebagai berikut : Untuk 2 penumpang, lengan GZ pada sudut 30 deg = 0,949 m , Sudut lengan Maks GZ = 19 deg dan tinggi GMt = 5,154 m ; Untuk 1 penumpang, lengan GZ pada sudut 30 deg = 0,734 m , Sudut lengan Maks GZ = 13 deg dan tinggi GMt = 6,940 m ; dan tanpa penumpang lengan GZ pada sudut 30 deg = 0,784 m , Sudut lengan Maks GZ = 13 deg dan tinggi GMt = 13,072 m ; dan semua nilai tersebut telah memenuhi kriteria. Kata kunci : GM, GZ.


Abstract

Surabaya is one of the cities that have the potential of tourism in East Java. Potential began to be developed by the government of Surabaya river tours Kalimas. From here the need for thought or idea to support the government's program to harness the potential of the Kalimas river one of which is located in the Prestasi Park . So timbulah an idea to design the water cycle as a supporting program of Surabaya city government. In making the water bike, the first thing is to determine the water displacement bike. The results of this water bicycles displacement value of 300 kg. After obtaining the displacement values were collected several samples of water existing bike to do a linear regression method. The results of this linear regression method in the form of graphs and equations, which will then be inputted displacement value to get the value of the size of the water main bike. The next process is to create a model using maxsurf design, general plan, the transmission scheme and the stability analysis of a water bike. Step - the step sequence, if there is an error needs to be repeated. The main outcome measures were obtained from the linear regression appreciating Loa m = 3, B = 0:25 m, H = 0.6 m and D = 0:31 m. Furthermore, the image is produced in the form of design models, water bicycle, general plan and analysis of stability water bikes valued as follows: For 2 passengers, arm GZ at an angle of 30 deg = 0.949 m, Max GZ arm angle = 19 deg and GMT = 5,154 m high; For one passenger, GZ arm at an angle of 30 deg = 0.734 m, Max GZ arm angle = 13 deg and GMT = 6.940 m high; and without passenger arm GZ at an angle of 30 deg = 0.784 m, Max GZ arm angle = 13 deg and high GMT = 13,072 m; and all grades have met the criteria. Keywords: GM, GZ.


Detil Peneliti

Dosen Pembimbing 1 :Bambang Teguh Setiawan
Dosen Pembimbing 2 :

Program Studi : D3 - TEKNIK PERANCANGAN DAN KONSTRUKSI KAPAL
Angkatan : 2011


Untuk mendapatkan versi full dari dokumen penelitian ini, Anda dapat melihat koleksi Buku Tugas Akhir di Perpustakaan Politeknik Perkapalan Negeri Surabaya pada jam kerja. Atau Anda dapat menghubungi penulis secara personal.