ANALISA PROSES DOCKING ? UNDOCKING KAPAL DENGAN SISTEM AIRBAGS DI PT. DOK PANTAI LAMONGAN (STUDI KASUS KAPAL CONTAINER VESSEL KM. PORT NUMBAY)

AN ANALYSIS OF SHIP DOCKING ? UNDOCKING PROCESS USING AIRBAGS AT PT. DOK PANTAI LAMONGAN (CASE STUDY OF CONTAINER VESSEL KM. PORT NUMBAY)

Rijalul Riskil Ula (6111030036)


Abstrak

Seiring dengan berkembangnya dunia perkapalan di Indonesia, secara tidak langsung akan berdampak pada jumlah kapal yang melakukan pengedokan. Tujuannya adalah untuk memulihkan kondisi mutu awal dari suatu kapal sehingga memenuhi standar terhadap klas yang bersangkutan dan memperoleh sertifikat ijin berlayar dengan proses pengedokan yang lebih cepat dan aman. Penarikan dan penurunan kapal atau yang lebih dikenal dengan docking ? undocking kapal di PT. Dok Pantai Lamongan adalah menggunakan sistem airbags dan winch sebagai penariknya, sistem ini sesuai dengan kondisi pantai di PT. Dok Pantai Lamongan yang landai dan strategis. Dalam pelaksanaanya pihak pengedokan sering mengalami permasalahan dalam menentukan kebutuhan ship airbags sebuah kapal disebabkan oleh berat, dan dimensi yang besar serta mempunyai spesifikasi bentuk khusus yang berbeda pada setiap kapal sehingga membutuhkan airbags dengan jumlah yang berbeda juga. Dengan demikian, penulisan ini bertujuan untuk mengetahui proses docking ? undocking kapal dengan fasilitas yang ada di PT. Dok Pantai Lamongan, dan difokuskan pada analisa penentuan jumlah kebutuhan airbags dengan diameter dan tekanan kerja serta dengan ketinggian kerja tertentu yang direncanakan sebelum melakukan proses docking atau undocking sebuah kapal, serta menentukan jarak antar sumbu airbags. Hasil dari perhitungan tersebut kemudian disesuaikan dengan jumlah ship airbags yang ada di PT. Dok Pantai Lamongan. Dari hasil perhitungan tiga jenis ship airbags dengan empat pilihan ketinggian kerja yang dianalisa, selanjutnya dipilih ship airbags dengan diameter 1,5 m sebanyak 23 buah sebagai airbags utama dan 4 buah sebagai airbags cadangan dengan ketinggian kerja 0,8 m serta jarak antar sumbu airbags sebesar 5 m. Kata kunci : ship airbags, kebutuhan ship airbags, docking ? undocking


Abstract

ABSTRACT Along with the branched out of shipping in Indonesia, indirectly it will impacted to the number of the ship which have to make docking. The purpose is to recover the condition of the quality of the ship to meets the standard of the relevant class and to get the permission certificate to sail by using fast and safe docking process. Pulling down the ship or more known as docking ? undocking process at PT. Dok Pantai Lamongan using airbags and winch system for the pulls, this system is suitable with the coast condition at PT. Dok Pantai Lamongan which is slope and strategic. In implementing the system, the shipyard often experienced the problems to determine airbags requirement caused by weight and large of dimensions, also have different special shape spesifications on each of ship so that require of airbags with different amounts as well. In this case, the writer/the researcher have to know docking-undocking process of the ship by using the facility available at PT. Dok Pantai Lamongan, and it more focused on analyzed to determine the number of airbags requirement by considered diameter and pressure, also the high of specific activity which have been planned before commited docking or undocking process of the ship, also determine the gap between of airbags fuse. The results of the calculations will then be matched by number of ship airbags in PT. Dok Pantai Lamongan. From the calculation result of three kinds of airbags with four of high choise that have been analyzed, furthermore it chosen 23 ship airbags which has 1,5 m diameter as prominent airbags and 4 spare airbags with 0,8 m height of activity and the gap between airbags fuse was 5 m. Keywords : ship airbags, airbags requirement, docking - undocking


Detil Peneliti

Dosen Pembimbing 1 :Fais Hamzah
Dosen Pembimbing 2 :

Program Studi : D3 - TEKNIK PERANCANGAN DAN KONSTRUKSI KAPAL
Angkatan : 2011


Untuk mendapatkan versi full dari dokumen penelitian ini, Anda dapat melihat koleksi Buku Tugas Akhir di Perpustakaan Politeknik Perkapalan Negeri Surabaya pada jam kerja. Atau Anda dapat menghubungi penulis secara personal.