ANALISA OPTIMALISASI KONSTRUKSI BOTTOM BAGIAN MIDSHIP SECTION PADA CREW BOAT SUBERKO-02 GUNA EFISIENSI BERAT KONSTRUKSI

ANALYSIS OF BOTTOM CONSTRUCTION ON MIDSHIP SECTION OF CREW BOAT IN SUBERKO 2 FOR WEIGHT CONSTRUCTION EFFICIENCY

Eko Setyo Widodo (6111030022)


Abstrak

Berat atau ringannya sebuah konstruksi kapal merupakan salah satu tujuan dalam membangun sebuah kapal. Karena semakin ringan konstruksi kapal akan dapat mengangkut muatan yang lebih banyak. Banyak hal yang mempengaruhi berat suatu konstruksi semisal jenis konstruksi, penentuan jarak gading, hingga penentuan material. Begitu pula dengan kapal Suberko-02, untuk mengetahui berat konstruksi bottom bagian midship yang paling efisien maka dilakukan analisa dengan menjadikan jarak gading sebagai variabelnya. Dengan metode sederhana seperti penentuan jarak gading yang dianalisa, perhitungan beban, mencari modulus dan perhitungan berat total. Maka akan didapatkan berat konstruksi teringan dari jarak gading tertentu. Dengan jarak gading awal 800 mm x 200 mm, Berat konstruksi bottom bagian midship kapal suberko-02 adalah 5.67 ton dan setelah analisa dilakuakan maka didapatkan jarak gading 900mm x 200 mm memiliki berat yang lebih ringan yaitu 5.64 ton. Dengan perbedaan tersebut diharapkan akan dapat mengoptimalisasikan kapal suberko dengan lebih baik. Kata kunci : Konstruksi Bottom, Jarak Gading dan Optimal


Abstract

Weight or lightness of a ship's construction is one of the goals in building a ship. Due to the lightweight construction of the ship will be able to carry more payload. Many things affect the weight of a construction such as the type of construction, the frame spacing, until the determination of the material. Similarly, the ship Suberko-02, to determine the weight of the construction of the bottom part of the most efficient midship analysis is carried out by making the frame as a variable distance. With such a simple method of determining the distance frame analyzed, the calculation load, look for the modulus and the total weight calculation. It will get the lightest weight construction of the frame range specified. With the beginning of the frame distance of 800 mm x 200 mm, weight construction ships midship bottom part suberko-02 is 5.67 tons and after the analysis is done, the obtained distance 900mm x 200 mm frame has a lighter weight is 5.64 tons. With these differences are expected to be able to optimize the ship better. Keywords: Construction Bottom, Frame Spacing and Optimalize


Detil Peneliti

Dosen Pembimbing 1 :Ali Imron
Dosen Pembimbing 2 :

Program Studi : D3 - TEKNIK PERANCANGAN DAN KONSTRUKSI KAPAL
Angkatan : 2011


Untuk mendapatkan versi full dari dokumen penelitian ini, Anda dapat melihat koleksi Buku Tugas Akhir di Perpustakaan Politeknik Perkapalan Negeri Surabaya pada jam kerja. Atau Anda dapat menghubungi penulis secara personal.