ESTIMASI WAKTU BONGKAR MUAT KAPAL SEMEN CARRIER PADA KAPAL TONASA LINES

ESTIMATE TIME OF LOADING-UNLOADING PROCESS OF CEMENT CARRIER SHIP ON TONASA SHIP LINES

Aide Mufid Karim Abdillah (6111030015)


Abstrak

ABSTRAK Semakin bertambahnya permintaan semen nasional mengakibatkan industri semen nasional melakukan berbagai upaya untuk dapat memenuhinya. Pemenuhan secara kuantitas tidak akan berjalan dengan baik tanpa diimbangi dengan peningkatan kualitas sistem distribusi. Sorotan utama terdapat pada sistem bongkar muat untuk cement yang berjalan kurang efisien sehingga mengurangi kinerja operasional kapal. Untuk mengitung waktu bongkar muat kapal yang didapat secara teori dan waktu bongkar muat kapal yang berada dilapangan yang kemudian dibuat presentase antara secara teori dengan dilapangan. Peningkatan kinerja operasional kapal ini berdampak pada meningkatnya jumlah muatan yang terdistribusi dan waktu bongkar muat, dari peningkatan jumlah muatan dan waktu bongkar muat membuat perusahaan semen semakin memicu untuk melakukan produksi yang lebih banyak dan dengan waktu bongkar muat yang didapat dari teori sebesar 26.67 jam dengan kecepatan 300 ton/jam dan muatan 8000 ton,sedangakan menurut dilapangan sebesar 23.95 jam. . Keys : upaya, distribusi, system bongkar muat


Abstract

ABSTRACT The increasing number national of cement demand resulted in the national cement industry to make efforts to meet them. Fulfillment in quantity will not run properly without offset by an increase in the quality of the distribution system. Contained in the main beam for the cement unloading system that runs less efficiently, thereby reducing the operational performance of the ship. To calculate the time of loading and unloading ships obtained in theory and unloading time of the actual ship was then made ??between the percentage of the actual theory. Improved operational performance of the ship's impact on the increasing number of distributed charge and unloading time, from an increase in the amount of time loading and unloading cargo and cement making companies increasingly lead to more production and the loading and unloading time is obtained from the theory by 26.67 hours with a speed 300 tons / hour and 8,000 tons of cargo, while according to actual at 23.95 hours. Keywords: effort, distribution, loading and unloading system


Detil Peneliti

Dosen Pembimbing 1 :Muhammad Mahfud
Dosen Pembimbing 2 :

Program Studi : D3 - TEKNIK PERANCANGAN DAN KONSTRUKSI KAPAL
Angkatan : 2011


Untuk mendapatkan versi full dari dokumen penelitian ini, Anda dapat melihat koleksi Buku Tugas Akhir di Perpustakaan Politeknik Perkapalan Negeri Surabaya pada jam kerja. Atau Anda dapat menghubungi penulis secara personal.