STUDI KELAYAKAN EKONOMI WATERBUS PT.F1 PERKASA SEBAGAI ANGKUTAN LAUT DENGAN TRAYEK SURABAYA - BANYUWANGI

AN ECONOMIC FEASIBILITY STUDY OF WATERBUS ON PT.F1 PERKASA AS SEA TRANSPORT OF SURABAYA - BANYUWANGI ROUTE

Dwi Sanusi (6111030005)


Abstrak

Saat ini semakin banyak pendatang yang berdatangan dari daerah-daerah untuk menuju kota-kota berkembang, sekedar untuk mencari pendapatan yang lebih menjanjikan atau untuk mendapatkan ilmu yang lebih tinggi. Salah satunya adalah pendatang dari daerah Banyuwangi yang ingin menuju ke Kota Surabaya. Dikarenakan hal itu pun permintaan untuk jasa angkutan dari Banyuwangi menuju Surabaya pun ikut meningkat, Hal itu juga yang memotivasi saya untuk mencoba menambah referensi untuk jasa angkutan dari Banyuwangi menuju Surabaya atau sebaliknya. Dengan mengoperasikan Waterbus PT. F1 PERKASA dan mencari tahu sejauh mana kelayakan dari segi ekonomis Waterbus tersebut jika dioperasikan dengan trayek Surabaya - Banyuwangi Dalam menentukan hitungan analisis kelayakan ekonomi dibutuhkan data biaya rehabilitasi, operasional, hingga maintenance, di estimasikan melalui observasi pengamatan dilapangan dan wawancara sebagai salah satu pertimbangan untuk mengestimasikan kebutuhan biaya selain juga mengacu pada spesifikasi yang berlaku. Dari hasil pembahasan didapatkan dari hitungan Payback Period menyatakan bahwa pengembalian sudah dapat dicapai pada tahun ke-4 pengoperasian kapal waterbus PT. F1 PERKASA , besaran NPV yang didapatkan adalah lebih dari 0 yaitu sebesar 134.093.013 sehingga berdasarkan hitungan NPV pengoperasian kapal ini layak, besar presentasi IRR yang didapatkan adalah 19,25% atau lebih dari suku bunga yang diharapkan yaitu 12% sehingga berdasarkan perhitungan IRR menyatakan bahwa pengoperasian kapal ini dapat diterima. Kata kunci : Pengoperasian Kapal, Biaya, Payback Period, NPV, IRR


Abstract

Nowadays more and more immigrants are coming from areas towards developing cities, just to find a more promising income or to gain higher knowledge. One of them are migrants from Banyuwangi who want to head to the city of Surabaya. Because of this it was the demand for passenger transport services from Banyuwangi to Surabaya increased, too, It also motivates me to try to add a reference to passenger transport services from Banyuwangi to Surabaya or otherwise. By operating the waterbus PT. F1 PERKASA and find out the extent of the economic feasibility of the waterbus if operated with the route Surabaya - Banyuwangi In a matter of determining the economic feasibility analysis of cost data needed rehabilitation, operation, to maintenance, in estimate by observation field observations and interviews as one of the considerations to estimate the cost requirements as well refer to the applicable specifications. Obtained from the discussion of a matter of payback period stating that the refund has been achieved in the year to the operation of the ship-4 waterbus PT. F1 PERKASA , scale NPV obtained is more than 0 is equal to 134.093.013 so that by the operation of the ship is a matter worthy of NPV, IRR obtained great presentation was 19,25% or more of the expected interest rate is 12% so that the IRR calculation is based on the operation of the vessel stated that this is acceptable. Keywords: Operation of Ships, Cost , Payback Period, NPV, IRR


Detil Peneliti

Dosen Pembimbing 1 :Gaguk Suhardjito
Dosen Pembimbing 2 :

Program Studi : D3 - TEKNIK PERANCANGAN DAN KONSTRUKSI KAPAL
Angkatan : 2011


Untuk mendapatkan versi full dari dokumen penelitian ini, Anda dapat melihat koleksi Buku Tugas Akhir di Perpustakaan Politeknik Perkapalan Negeri Surabaya pada jam kerja. Atau Anda dapat menghubungi penulis secara personal.