KAJIAN TEKNIS PROSES PELUNCURAN KAPAL TONASA 2346 TON DI PT. DOK & PERKAPALAN SURABAYA

TECHNICAL REVIEW PROCESS SHIP LAUNCHING TONASA 2346 TON IN PT. DOK

Kurniawan (6110030046)


Abstrak

Peluncuran kapal merupakan salah satu proses dalam pembangunan kapal. Dimana suatu proses menurunkan badan kapal dari landasan peluncuran di galangan kapal ke air yang disebabkan oleh gaya berat kapal pada bidang miring. Seiring dengan perubahan zaman dan semakin pesatnya perkembangan ilmu dan teknologi serta permintaan pasar yang semakin tinggi terhadap proses peluncuran kapal agar dalam proses peluncuran tersebut dapat berjalan dengan baik, aman dan tepat waktu Pada saat ini PT. Dok dan Perkapalan Surabaya sedang mengerjakan kapal Tonasa Lines yang dalam peluncurannya menggunakan metode End Launching. Menurut pengamatan, wawancara dan data-data yang diperoleh terdapat beberapa hal yang menjadi kunci keberhasilan proses peluncuran kapal (1) proses perhitungan peluncuran (dalam hal ini proses perhitungan peluncuran kapal di PT. Dok dan Perkapalan Surabaya menggunakan Tribon); (2) proses penempatan sepatu dan landasan luncur yang harus dipasang dilakukan dari hasil pembacaan gambar sliding dan standing way plan serta observasi langsung di lapangan. Dari data perhitungan sarat buritan 1,344 m dan sarat haluan 1,02 m. Melalui wawancara pada saat peluncuran, kapal dapat diluncurkan minimal ketinggian air dari titik nol ujung landasan adalah 1,4 m. Landasan luncur yang digunakan lebar 410 mm, tinggi 150 mm, panjang bagian tengah 100000 mm dan panjang samping kiri dan kanan 92000 mm dengan jarak antar landasan 6000 mm.Sepatu luncur yang digunakan 52 buah dengan panjang bagian center 92.000 mm. Kata-kata kunci : Peluncuran ( Launching ), End Launching, Sepatu luncur


Abstract

Launchng is one of the ship building process. Where a vessel of the lower body in the shipyard launch pad into the water due to the heavy style ship on the incline. Along with the changing times and more rapid development of science and technology as well as the rising market demand for the launch of the ship that launches the process to be going well, safely and on time At this time PT. Dok and Perkapalan Surabaya was working Tonasa Lines ship that the use of launch Launching End method. According to the observations, interviews and data obtained there are several things to be key to the success process slipway (1) launching calculation process (in this case the calculation of the slipway at PT. Dok and Perkapalan Surabaya using Tribon), (2) the placement process shoes and slide rails should be installed made from the proceeds of the picture reading way sliding and standing way plan and direct observation in the field. From the data loaded stern reckoning 1,344 m and 1.02 m laden course. Through interviews at the time of launching, the ship can be launched from a minimum of zero, the water level is 1.4 m runway end. Used skating track width 410 mm, height 150 mm, length 100 000 mm and the center of the left and right side length 92 000 mm to 6000 mm.Sepatu track spacing used 52 slides with 92,000 mm long center section. Keywords: Launching, End Launching, Standing Way


Detil Peneliti

Dosen Pembimbing 1 :Sugianto
Dosen Pembimbing 2 :

Program Studi : D3 - TEKNIK PERANCANGAN DAN KONSTRUKSI KAPAL
Angkatan : 2010


Untuk mendapatkan versi full dari dokumen penelitian ini, Anda dapat melihat koleksi Buku Tugas Akhir di Perpustakaan Politeknik Perkapalan Negeri Surabaya pada jam kerja. Atau Anda dapat menghubungi penulis secara personal.