KAJIAN TEKNIS PROSES PENGECATAN ULANG PADA KAPAL KM. TONASA LINE

TECHNICAL REVIEW PROCESS OF REPAINTING THE SHIP TONASA LINE

Aditya Pratama (6110030042)


Abstrak

Pengecatan merupakan salah satu dari prinsip pencegahan korosi, oleh sebab itu disamping pemilihan jenis cat yang benar dan sesuai, persiapan permukaan sebelumnya juga mempunyai peranan yang sangat besar dalam menentukan bagus tidaknya kualitas pengecatan. Banyak macam cara yang digunakan untuk membersihkan suatu permukaan logam untuk pencegahan korosi diantaranya pencelupan ke dalam larutan asam, penyikatan dengan kawat, atau dengan penyemprotan partikel padat yang berupa pasir sebagai zat abrasif atau disebut blasting. Persiapan permukaan adalah langkah persiapan permukaan sebelum melakukan pengecetan pada kapal, proses persiapan permukaan ini meliputi PreInspection, penyemprotan dengan air tawar, sweep blasting, sandblasting, pembersihan awal, paint application. Adapun didalamnya yang meliputi tahap-tahap pelaksanaan pengerjaan, jenis blasting yang dapat digunakan diantaranya adalah sweepblasting dan spotblasting yang tergantung pengaplikasiannya tergantung keadaan permukaan yang akan di cat. Dari uraian diatas , dengan pertimbangan permukaan lambung kapal TONASA LINE di PT. DOK Surabaya untuk proses reparasi repainting (pengecatan ulang) akan dipertimbangkan apakah akan menggunakan sweep blasting atau spot blasting, dan kebutuhan cat yang dibutuhkan. Dari hasil analisa untuk pembersihan pada lambung luar kapal KM. Tonasa Line menggunakan sweep blasting karena lebih efisien dan lebih cocok untuk pelat lambung. Sedangkan dari hasil perhitungan kebutuhan cat diperoleh sebagai berikut, cat epoxy Anticorrosive (grey dan red) dibawah garis air sebesar 2157.1875 Liter, kebutuhan cat epoxy Intermediate coat (grey) sebesar 1781,42 liter dan membutuhkan tiner sebesar 2672.127 liter, kebutuhan cat Antifouling (light red dam dark red) sebesar 1781.419 liter cat intermediate sebesar 451,898 Liter, kebutuhan cat epoxy anticorrisive dan finished diatas garis air sebesar 287.276 liter. Key words : Pengecatan, persiapan permukaan, kebutuhan cat.


Abstract

Painting is one of the principles of corrosion prevention, therefore, in addition to the selection of the correct and appropriate paint, surface preparation before also has a very large role in determining whether or not good quality paint. Many kinds of methods used to clean the metal surfaces to prevent corrosion such as immersion in an acid solution, with a wire brush, or by spraying the solid particles in the form of sand as an abrasive substance called blasting.Surface preparation one part of the surface preparation steps before doing painting on the ship, from the process of determining the maximum painting results. As for the inside which includes the steps of implementation of workmanship, type of blasting that may be used include sweep and spot blasting blast hanging its application is dependent on the state of the surface to be paint. Surface preparation is a step in the surface preparation prior to painting on ships, surface preparation process includes PreInspection, spraying with fresh water, sweep blasting, sandblasting, initial cleaning, paint application. As for the inside which includes the steps of implementation of workmanship, type of blasting that can be used include the dependent spotblasting sweepblasting and its application depends on the state of the surface to be painted. From the description above, in consideration of the hull surface Tonasa LINE at PT. DOK Surabaya for repainting repair process (the painting) will consider whether to use a sweep blasting or spot blasting and paint needs required. From the analysis for the cleaning of the outside of the boat hull KM. Tonasa Line using sweep blasting as more efficient and better suited to the hull plate. While the results of calculations obtained following needs paint, anticorrosive epoxy paint (gray and red) below the water line at 2157.1875 Liter, needs paint epoxy intermediate coat (gray) of 1781.42 liters and in need of 2672,127 liters of paint thinner, paint needs Antifouling (light dam red dark red) of 1781.419 451.898 liters of paint intermediate liter, needs anticorrisive epoxy paint and finished above the water line at 287 276 liters. Key words: blasting, painting, surface preparation.


Detil Peneliti

Dosen Pembimbing 1 :Sugianto
Dosen Pembimbing 2 : Aang Wahidin

Program Studi : D3 - TEKNIK PERANCANGAN DAN KONSTRUKSI KAPAL
Angkatan : 2010


Untuk mendapatkan versi full dari dokumen penelitian ini, Anda dapat melihat koleksi Buku Tugas Akhir di Perpustakaan Politeknik Perkapalan Negeri Surabaya pada jam kerja. Atau Anda dapat menghubungi penulis secara personal.