MENENTUKAN ACCURACY CONTROL PADA BLOK ASA1 KAPAL TANKER 17,500 LTDW PERTAMINA DI PT. PAL INDONESIA (PERSERO)

DETERMINE THE ACCURACY CONTROL BLOCK ASA1 17,500 LTDW TANKER PERTAMINA SHIP IN PT. PAL INDONESIA (PERSERO)

Helmi Aji Maulana (6110030038)


Abstrak

Perkembangan kapal di era kini semakin menuntut setiap galangan kapal dari sisi dan segi manapun, salah satunya adalah sisi kualitas. Galangan kapal yang memberikan jaminan kualitas tinggi menuntut segalahnya bagian sistem operasional dan produksi. Di PT PAL INDONESIA (PERSERO) dalam setiap produksi menggunakan metode ASSEMBLY. Proses produksi mulai dari bidang Hull Construction, Hull Outfitting, Hull Mechinary, dan Hull Electrical . Proses produksi dituntut untuk selalu memenuhi standart batasan yang ditentukan oleh badan klasifikasi Internasional. Sehingga adanya evaluasi bagaimana sistem Qualitas yang harus diikuti khususnya pada proses ASSEMBLY. Pada blok ASA1 terjadi ketidaksesuaian gap dan misalignment dapat diatasi dengan metode-metode yang dilakukan oleh PT.PAL INDONESIA (PERSERO) seperti level, adjusting dan build up dengan standar operasional PAL Shipbuilding Quality Standard (PSQS) dan The Internasional Assosition of Classification Societies (IACS) 2010. Berdasarkan hasil pembahasan terdapat masalah pada blok ASA1 terdapat misalignment yang melebihi dari standart. Pada blok ASA1 (s) posisi joint1 / BF1 = 12mm dan BF3 / SG14 = 13mm begitu juga pada blok ASA1 (p) posisi joint1 / BF1 = -13mm dan BF4 / SG4 = -12mm yang melebihi standart ketentuan yaitu ?10mm atau ? t pelat sehingga beberapa titik pada blok ASA1 akan diperbaiki dengan standart yang di gunakan PT. PAL INDONESIA (PERSERO). Dan point-point penting berpengaruh pada saat proses Assembly khususnya pengukuran level blok. Kata kunci : Assembly, Gap dan Misalignment


Abstract

Vessel development in the present era of shipbuilding requires each side and any terms, one of which is the quality. Shipyards that provide high quality assurance requires segalahnya part of operational and production systems. In PT PAL INDONESIA (Persero) in each production method ASSEMBLY. Production process ranging from the fields of Construction Hull, Hull Outfitting, mechinary Hull, and Hull Electrical. Production process required to always meet the standard limits set by the International classification bodies. So that the evaluation of how the system Qualitas to be followed especially in the process ASSEMBLY. In the event of any inconsistency ASA1 block gaps and misalignment can be addressed by methods that do PT.PAL INDONESIA (Persero) as level, adjusting and build up to operational standard PAL Shipbuilding Quality Standard (PSQS) and The International Assosition of Classification Societies (IACS ) 2010. Based on the results of the discussion are issues there ASA1 block misalignment in excess of the standard. At ASA1 block (s) position joint1 / BF1 and BF3 = 12 mm / 13 mm = SG14 as well as the block ASA1 (p) position joint1 / BF1 and BF4 =-13mm / 12mm SG4 =-standard provisions that exceed the ? 10mm or ? t a few points on the plate so that the blocks will ASA1 repaired with a standard that is in use PT. PAL INDONESIA (Persero). And important points affect the measurement especially when the Assembly block level.Key word : Assembly, Gap and Misalignment Key word : Assembly, Gap and Misalignment


Detil Peneliti

Dosen Pembimbing 1 :Bambang Teguh Setiawan
Dosen Pembimbing 2 :

Program Studi : D3 - TEKNIK PERANCANGAN DAN KONSTRUKSI KAPAL
Angkatan : 2010


Untuk mendapatkan versi full dari dokumen penelitian ini, Anda dapat melihat koleksi Buku Tugas Akhir di Perpustakaan Politeknik Perkapalan Negeri Surabaya pada jam kerja. Atau Anda dapat menghubungi penulis secara personal.