ANALISIS STABILITAS KAPAL HASIL MODIFIKASI SELF PROPELLED COAL BARGE MENJADI SELF PROPELLED OIL BARGE KM. ANDROMEDA

SHIP STABILITY ANALYSIS OF MODIFIED SELF PROPELLED COAL BARGE TO SELF PROPELLED OIL BARGE KM. ANDROMEDA

Ratih Lestari (6110030026)


Abstrak

ABSTRAK Minyak merupakan salah satu hasil bumi yang menjadi kebutuhan global dan membutuhkan tranportasi khusus dalam distribusinya. Karena harga pembangunan kapal baru yang tinggi dan memerlukan proses pembangunan yang relatif lama maka salah satu alternatif dengan memodifikasi Kapal yang semula mengangkut batubara menjadi kapal pengangkut minyak. Salah satu kapal yang di modifikasi adalah KM. ANDROMEDA yang didesain oleh PT.Terafulk Megantara Design mengangkut batu bara di perairan sungai Barito Kalimantan. Dalam tugas akhir ini penulis menganalisis kelayakan teknis modifikasi kapal Self Propelled Coal Barge menjadi Self Propelled Oil Barge. Dalam tugas akhir ini dijelaskan tentang analisis stabilitas kapal, analisa tersebut untuk mengetahui nilai stabilitas kapal hasil modifikasi. Stabilitas kapal ditinjau dari empat kondisi, dengan menggunakan software maxsurf dan hydromax dapat diperoleh nilai stabilitas kapal. Dalam analisa ini digunakan empat kondisi. Hasil analisis stabilitas menggunakan software Maxsurf dan Hydromax menunjukkan bahwa dalam 4 kondisi pada kondisi muatan penuh 100% dan pada kondisi ballast penuh 100 % stabilitasnya kurang memenuhi, ada beberapa kriteria pada IMO yang tidak terpenuhi, setelah pengaturan load case dengan mengatur muatan atau balast tidak 100% semua stabilitasnya bisa terpenuhi displacement hasil modifikasi sebesar 9.978 ton untuk muatan minyak dengan masa jenis 0,856 ton/m? dan memiliki sarat 4,132 m. Sedangkan displacement kapal sebelum konversi yaitu 10.850 ton dengan sarat maksimum 4,5 meter. Stabilitas memenuhui kriteria IMO setelah dilakukan pengaturan pada Load case. Kata kunci : self propelled barge, stability, modifikasi.


Abstract

ABSTRACT Oil is one of the crops that become global needs and require special transportation in distribution. Due to the construction of a new ship prices high and requires a relatively long development process then one alternative to modifying the original ship transporting coal into oil tankers. One of the ships in the modification is KM. ANDROMEDA designed by PT.Terafulk Design Megantara transport coal in Kalimantan Barito river waters. In this final project the author analyzed the technical feasibility of ship modifications Self Propelled Coal Barge Self Propelled Oil Barge. Described in this final project about the vessel's stability analysis, the analysis to determine the stability of the vessel value modified. Stability of the ship in terms of the four conditions, using software maxsurf and hydromax ship stability value can be obtained. In this analysis used four conditions. Stability analysis using the results of Maxsurf and Hydromax software showed that the 4 conditions at full load conditions at 100% and 100% full ballast condition for stability to meet, there are some criteria to the IMO are not met, after setting load case with cargo or ballast not set 100 % all can be fulfilled stability modified displacement of 9978 tons of oil cargo with density of 0.856 tons / m? and had loaded 4.132 m. While displacement ship before conversion is 10850 tons with a maximum laden 4.5 meters. IMO stability of criteria fill after setting the loadcase. Keywords: self-propelled barge, stability, modification.


Detil Peneliti

Dosen Pembimbing 1 :Fais Hamzah
Dosen Pembimbing 2 : Fais Hamzah

Program Studi : D3 - TEKNIK PERANCANGAN DAN KONSTRUKSI KAPAL
Angkatan : 2010


Untuk mendapatkan versi full dari dokumen penelitian ini, Anda dapat melihat koleksi Buku Tugas Akhir di Perpustakaan Politeknik Perkapalan Negeri Surabaya pada jam kerja. Atau Anda dapat menghubungi penulis secara personal.