TINJAUAN TEKNIS URUTAN PENGERJAAN BLOCK FP M000276 PADA PEMBANGUNAN KAPAL TUG BOAT DI PT. PAL INDONESIA

TECHNICAL REVIEW ORDER OF WORKING ON BUILDING BLOCK FP M000276 TUG BOAT IN PT. PAL INDONESIA

Eko Setia Maulana (6110030025)


Abstrak

ABSTRAK TINJAUAN TEKNIS URUTAN PENGERJAAN BLOK FP M000276 PADA PEMBANGUNAN KAPAL TUGBOAT DI PT. PAL INDONESIA Oleh: EkoSetia Maulana NRP: 6110030025 Pembimbing: Ruddianto, ST.,MT. NIP. 196910151995011001 Pada saat ini di PT PAL INDONESIA sering mengalami keterlambatan blok pada proses pembangunan kapal tugboat. Padahal masih ada blok lain yang masih menunggu. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui besarnya penyimpangan jadwal, faktor-faktor yang menyebabkan ketidaksesuaian perencanaan dan aktual pekerjaan dalam pembuatan blok FP. Besarnyapenyimpangan yang terjadidapatdiketahuidengancaraobservasi pengamatan lapangan dan wawancarasebelumsampaisesudahdilakukanyapembuatanbloktersebut. Dalamhalini data diambildari progres bengkel mulai dari SSH sampai assemblydandianalisadimanaterjadinyapenyebabdariketerlambatansuatublok. Pengambilan data yang diambil dalam pembuatan blok tersebut dimaksudkan agar untuk memudahkan proses analisa besar dan faktor dari terlambatnya blok tersebut. Dari hasil analisa berupa perbandingan dari jadwal awal, dan aktual lapangan terjadi satu hari lebih cepat dari perencanaan awal yaitu dimulai pada tanggal 08-april-12. sedangkan untuk waktu selesainya terjadi penyimpangan sebesar 210 (dua ratus sepuluh) hari lebih lambat dari rencana awal. Hal ini disebabkan oleh beberapa faktor antara lain terjadi pemesanan material baru saat plan berjalan karena terdapat lubang setelah blasting, adanya pergantian alat di bengkel fabrikasi karena bersamaan dikerjakan proyek kapal tanker, banyaknnya pekerjaan perbaikan, dan kurangnya material. Kata kunci : Keterlambatan blok, faktor-faktor?


Abstract

ABSTRACT TECHNICAL REVIEW ORDER OF WORKING ON BUILDING BLOK FP M000276 TUGBOAT SHIP IN PT. PAL INDONESIA By: Eko Setia Maulana NRP: 6110030025 Supervisor: Ruddianto, ST.,MT. NIP. 196910151995011001 At this time in PT. PAL INDONESIA block often experience delays in the development process of the tugboat. Though there are other bloks that are still waiting. This studyaims to determine the magnitude of the deviation schedule, the factors that cause a mismatch in the planning and actual job making FP block. Magnitude of the deviation that occurs can be determined by observation of field observations and interviews before until after the execution of the blok making. In this case the data is taken from progress workshop ranging from SSH until assembly analized, with the cause of the delay of a block. Retrieval of data taken in the manufacture of the blok in order to facilitate the purpose of the analysis process and factors of the block delays. Froom the result of a comparative analysis of the initial schedule, and actual field occured one day earlier than the begining of the plan begins on the date 08-04-12. Where as for finish time deviation at 210 days later than the early plan. This is caused by several factors, among other things, ordering new materials when plan goes because there is a hole after blasting, the change in tool fabrication shop for the same project done tankers, many much of repair work, and the lack of material. Keywords: Block delay, the factor


Detil Peneliti

Dosen Pembimbing 1 :Ruddianto
Dosen Pembimbing 2 :

Program Studi : D3 - TEKNIK PERANCANGAN DAN KONSTRUKSI KAPAL
Angkatan : 2010


Untuk mendapatkan versi full dari dokumen penelitian ini, Anda dapat melihat koleksi Buku Tugas Akhir di Perpustakaan Politeknik Perkapalan Negeri Surabaya pada jam kerja. Atau Anda dapat menghubungi penulis secara personal.