PERENCANAAN SKEG PADA PROYEK PONTON 29 METER DI PT. PAL

SKEG DESIGN FOR 29 METER PONTOON PROJECT IN PT. PAL

Zahid Alvin Al Farisi (6110030022)


Abstrak

Dalam setiap aliran air pada badan kapal sampai ke bagian buritan kapal, selalu terjadi wake (arus ikut) atau ulekan (turbulan) sebagai tahanan atau hambatan pada belakang kapal yang akan menyebabkan terganggunya kapal pada saat menempuh perjalanan. Semakin besar coefisien blok (CB) kapal maka turbulen yang terjadi akan semakin besar dan akan menganggu kestabilan kapal saat melaju pada kecepatan yang diinginkan. Skeg adalah salah satu bentuk modifikasi yang diberikan pada bagian buritan kapal (semacam sirip) yang bertujuan untuk menjaga stabilitas kapal saat kapal melaju pada kecepatan tinggi serta membantu fluida mengalir lebih smoth melewati lambung. Penambahan struktur skeg akan secara langsung mengubah wake (arus ikut) yang terjadi. Skeg yang ditempatkan outer shaft, skeg jenis ini lebih efektif dalam mengatur aliran fluida agar lebih smoht. Dalam tugas akhir ini akan direncanakan dan di desain skeg pada proyek ponton serta akan diamati juga bagaimana pengaruh penambahan skeg pada proyek ponton 29 meter dengan bantuan software ANSYS MECHANICAL STRUCTUR sebagai pemodelan dari bentuk skeg yang di desain serta pengolah data hingga didapat hasil yang diinginkan


Abstract

In every stream at ship hull to part of behind ship, always happened wake (wake follow) as resistance at behind ship to cause annoyed of ship at the time of going through journey. Ever greater of ship coefisien block (CB) hence resistance that happened will be ever greater and disturb stability of fast moment ship at a speed of wishing. Skeg is one of the passed to modification form part of behind ship ( a kind of fin) as a purpose to take care of fast ship moment ship stability at full tilt and also assist fluid emit a stream of more smoth pass hull. Addition of structure skeg will directly alter wake (wake follow) that happened. Placed by Skeg at outer shaft, skeg this type of more effective in arranging fluid flow to be more smoht. In this field project will be planned and in skeg desain at project of pontoon and also will perceive also how influence addition of skeg at project of pontoon 29 metre constructively ANSYS MECHANICAL STRUCTUR software as planning from skeg form which in design and also data processor is till got by result of which wanted


Detil Peneliti

Dosen Pembimbing 1 :Muhammad Mahfud
Dosen Pembimbing 2 :

Program Studi : D3 - TEKNIK PERANCANGAN DAN KONSTRUKSI KAPAL
Angkatan : 2010


Untuk mendapatkan versi full dari dokumen penelitian ini, Anda dapat melihat koleksi Buku Tugas Akhir di Perpustakaan Politeknik Perkapalan Negeri Surabaya pada jam kerja. Atau Anda dapat menghubungi penulis secara personal.