TINJAUAN EKONOMIS AKIBAT PERUBAHAN PEMBANGUNAN KAPAL SPB CEMENT CARRIER 8000 TON DARI PELUNCURAN UTUH MENJADI PELUNCURAN SEBAGIAN

ECONOMIC OBSERVATION DUE TO CHANGES OF SPB CEMENT CARRIER 8000 TON SHIP BUILDING FROM FULL LAUNCHING BECOMES PART LAUNCHING

Febry Diah Ayu Wardani (6110030021)


Abstrak

TINJAUAN EKONOMIS AKIBAT PERUBAHAN PEMBANGUNAN KAPAL SPB CEMENT CARRIER 8000 TON DARI PELUNCURAN UTUH MENJADI PELUNCURAN SEBAGIAN Nama Mahasiswa : Febry Diah Ayu Wardani (6110030021) Dosen Pembimbing : Dra. Endang Pudji Purwanti, MT. ABSTRAK Pada saat ini PT Dok dan Perkapalan Surabaya membangun dua buah kapal dengan ukuran yang sama namun memiliki metode peluncuran yang berbeda yakni peluncuran secara utuh dan peluncuran secara sebagian. Perubahan pembangunan kapal dari peluncuran utuh menjadi peluncuran sebagian tentunya memiliki pekerjaan tambahan yang akan mengakibatkan adanya pertambahan biaya. Penelitian ini dilakukan melalui tahapan mengidentifikasi gambar kapal, mekanisme peluncuran, dan standar tarif pekerjaan, sehingga nantinya dapat diketahui perencanaan pekerjaan tambahan dan perencanaan biaya tambahan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa biaya tambahan akibat perubahan pembangunan kapal dari peluncuran utuh menjadi peluncuran sebagian adalah biaya pemasangan sekat temporary sebesar Rp. 34.665.900,-, biaya jam orang tambahan sebesar Rp. 23.100.000,-; biaya untuk penggunaan floating dock sebesar Rp. 41.383.600,-; biaya untuk penyewaan pontoon adalah sebesar Rp. 139.104.000,-; biaya penggunaan pompa untuk ballast adalah sebesar Rp.30.000.000,- ; biaya penyewaan tugboat adalah sebesar Rp. 3.194.400,-. Sehingga, total keseluruhan adalah sebesar Rp.271.447.900,- Kata Kunci: Peluncuran sebagian, peluncuran utuh, building berth


Abstract

ECONOMIC OBSERVATION DUE TO CHANGES OF SPB CEMENT CARRIER 8000 TON SHIP BUILDING FROM FULL LAUNCHING BECOMES PART LAUNCHING Student Name : FebryDiahAyuWardani (6110030021) Supervisor : Dra. EndangPudjiPurwanti, MT. ABSTRACT At this time PT Dok dan Perkapalan Surabaya build two ships of the same size but have different methods of launching the full launching and partial launching. Changes in ship building from full launching becomes partial launching most certainly have additional work that would result in a cost increase. The research was conducted through the stages of identifying pictures of boats, launch mechanisms, and work rate standards, so it will find the additional jobs planning and planning additional cost. Results of this study indicate that the additional cost due to the change of full launching becomes partial launching of ship building are: the cost of installing temporary bulkhead isIDR. 34.665.900, -, the cost of additional man hours is IDR. 23.100.000, -; fee for the use of a floating dock isIDR. 41.383.600, -; costs for rental pontoon is IDR. 139.104000, -; fee for the use of ballast pump is IDR. 30.000.000, -; tugboat rental fee is IDR. 3.194.400, -. As a result, the overall total is IDR. 271.44. 900, - Keywords: partial launching, full launching, building berth


Detil Peneliti

Dosen Pembimbing 1 :Endang Pudji Purwanti
Dosen Pembimbing 2 : Endang Pudji Purwanti

Program Studi : D3 - TEKNIK PERANCANGAN DAN KONSTRUKSI KAPAL
Angkatan : 2010


Untuk mendapatkan versi full dari dokumen penelitian ini, Anda dapat melihat koleksi Buku Tugas Akhir di Perpustakaan Politeknik Perkapalan Negeri Surabaya pada jam kerja. Atau Anda dapat menghubungi penulis secara personal.