ANALISIS PERBANDINGAN ANTARA MATERIAL RUDDER STOCK PADA KAPAL SELF PROPELLED OIL BARGE (SPOB) 5000 TON DENGAN MATERIAL YANG BERDASARKAN CLASS ABS

COMPARISON ANALYSIS BETWEEN MATERIAL OF RUDDER STOCK IN THE SHIP SELF PROPELLED OIL BARGE (SPOB) 5000 TON WITH THE MATERIAL BASED ON CLASS ABS

Akut Hary Purwanti (6110030019)


Abstrak

Rudder Stock atau tongkat kemudi merupakan alat yang sangat penting pada kapal. Apabila terjadi kerusakan atau ketidakcocokan maka kapal tersebut tidak bisa beroperasi. Pada umumnya dibuat dari bahan baja tuang atau baja tempa. Garis tengah poros ditentukan berdasarkan hasil perhitungan, agar mampu menahan beban puntiran atau beban lenturan yang terjadi pada kemudi. Sehingga dimensi rudder stock didesain seefisien mungkin untuk mengoptimalisasikan kemampuan gerak pada kapal. Dalam tugas akhir ini membahas tentang perhitungan dan perencanaan dimensi rudder stock pada kapal Self Propelled Oil Barge (SPOB) 5000 Ton, mulai dari tahap menentukan diameter rudder stock yang didapat dari class ABS dan membandingkan antara material yang satu dengan yang lain dengan menggunakan analisis struktur yang ditinjau dari mechanical properties menggunakan MSC. Patran Nastran. Selain itu dapat ditinjau juga dari chemical composition dari masing-masing material. Dari proses analisis didapatkan perbandingan hasil dimensi rudder stock yang berdasarkan class ABS yaitu A668 Grade 2 = 270 mm, S45C = 236 mm, SUS 316 = 268 mm, dan SF 50 = 258 mm. Hasil yang ditinjau dari perhitungan chemical composition ketiga material yang didesain ditolak karena carbon equivalent (Ceq) melebihi yang disyaratkan. Apabila ditinjau dari mechanical properties material yang direkomendasikan class ABS yaitu A668 Grade 2 memiliki nilai kritis lebih kecil dibandingkan material yang lain. Kata kunci : rudder stock, material, dan class ABS


Abstract

Stock rudder is a very important tool in the ship. If the ship is getting into a damage or mismatch, it can not be operated. It generally made of cast steel or forged steel. The center line of the shaft is determined by the results of the calculation, in order that can withstand the load of torsion or bending loads that occur on the rudder. So the rudder stock dimensions are designed as efficiently as possible to optimize the movement of the ship. In this final project discusses the calculation and planning dimensions of ship rudder stock on Self Propelled Oil Barge (SPOB) 5000 Ton, begining from determine the diameter of the rudder stock obtained from ABS class and compare the material with each other by using analysis of the structure in terms of mechanical properties by MSC. Patran Nastran. Moreover, it can also be reviewed on the chemical composition of each material. Analysis process give the comparative result of rudder stock dimensions which based on the ABS class A668 Grade 2 = 270 mm, S45C = 236 mm, SUS 316 = 268 mm, and SF 50 = 258 mm. Consideration results of chemical composition calculation of the three materials which have been designed, are rejected because of carbon equivalent (Ceq) that exceed from the requirements. If the mechanical properties of the material terms which are recommended class ABS is A668 Grade 2, it has a critical value that smaller than the other materials. Keywords: rudder stock, materials, and class ABS


Detil Peneliti

Dosen Pembimbing 1 :Santoso
Dosen Pembimbing 2 : Santoso

Program Studi : D3 - TEKNIK PERANCANGAN DAN KONSTRUKSI KAPAL
Angkatan : 2010


Untuk mendapatkan versi full dari dokumen penelitian ini, Anda dapat melihat koleksi Buku Tugas Akhir di Perpustakaan Politeknik Perkapalan Negeri Surabaya pada jam kerja. Atau Anda dapat menghubungi penulis secara personal.