PERBANDINGAN BIAYA PEMBUATAN ANTARA KEMUDI MELETAK DENGAN KEMUDI MENGGANTUNG PADA KMP 200 DWT DI PT. F1 PERKASA BANYUWANGI

COST COMPARISON BETWEEN MAKING BALANCED RUDDER AND SPADE RUDDER ON KMP 200 DWT IN PT. F1 PERKASA BANYUWANGI

Gita Asrudin Firmansyah (6110030007)


Abstrak

PT. F1 Perkasa Banyuwangimendapatkan proyek pembangunan kapal perintis 200 DWT. Selama proses pembangunan kapal berjalan, banyak perubahan-perubahan yang terjadi diantaranya adalah perubahan tipe kemudi. Tipe kemudi yang direncanakan sebelumya adalah tipe menggantung diubah menjadi kemudi tipe meletak. Perubahan ini dikarenakan daerah pelayaran pada kapal ini kecil kemungkinan sapatu kemudi menabrak karang ataupan benda keras lainya yang mengakibatkan manuver kapal terganggu. Dari perubahan tipe kemudi itu akan ada perubahan lain pada kemudi tersebut. Misalnya adalah biaya pembuatan kemudi tersebut. Penulis ingin mengetahui biaya pembuatan untuk kedua tipe kemudi tersebut mulai dari tahap fabrikasi sampai assembly. Untuk mengetahui biaya pembuatan kedua tipe kemudi tersebut baik tipe meletak ataupun menggantung dibutuhkan data material, gambar, dan lainya. Lalu dari data-data tersebut akan dilakukan analisa data dan perhitungan biaya beserta perhitungan pendukungya. Darianalisa data dan hasil perhitungan, diketahui perbedaan biaya yang dikeluarkan untuk masing-masing tipe kemudi, tipe meletak ataupun menggantung yang biayanya meliputi biaya material dan biaya pekerja dari masing-masing item pekerjaan tersebut. Dan didapatkan biaya pembuatan untuk kemudi menggantung lebih besar dari kemudi meletak sebesar 30,92%. Kata kunci :KemudiMeletak, KemudiMenggantung, Biaya


Abstract

PT. F1 Perkasa Banyuwangi get development projects pioneer 200 DWT ships. During the development process of the ship running, a lot of the changes that occur include changes in the type of rudder. Previously planned spade rudder is converted into a balanced rudder. This change is because the territory of the ship have minimal possibility the shole piece to crash with coral and other hard object that caused the manover of the ship become unnormaly. From that change it will be caused the other changes on the that rudder. Example is the cost of making the rudder. Writer wants to know the cost of making the rudder for both types ranging from fabrication to assembly stage. To find out the cost of making the two types of rudder either balanced rudder or spade rudderneeded of data material, design and the other. Then from that data, it will be carried out directly on the analysis of data and cost calculation also supporting calculation. From the data analysisand calculations, also known differences in the costs incurred for each rudder type, balanced rudder or spade rudder with costs covered material costs and labor costs of each work item. And found the cost of making spade rudder more higher than balanced rudder abaut 30,92% Keywords: Balanced Rudder, Spade Rudder, Cost


Detil Peneliti

Dosen Pembimbing 1 :Hariyanto Soeroso
Dosen Pembimbing 2 :

Program Studi : D3 - TEKNIK PERANCANGAN DAN KONSTRUKSI KAPAL
Angkatan : 2010


Untuk mendapatkan versi full dari dokumen penelitian ini, Anda dapat melihat koleksi Buku Tugas Akhir di Perpustakaan Politeknik Perkapalan Negeri Surabaya pada jam kerja. Atau Anda dapat menghubungi penulis secara personal.