TINJAUAN TEKNIS AKIBAT PERUBAHAN PEMBANGUNAN KAPAL SPB CEMENT CARRIER 8000 TON DARI PELUNCURAN UTUH MENJADI PELUNCURAN SEBAGIAN

TECHNICAL OBSERVATION DUE TO CHANGES OF SPB CEMENT CARRIER 8000 TON SHIP BUILDING FROM FULL LAUNCHING BECOMES PARTIAL LAUNCHING

Utami Roudlotul Alawiyah (6110030005)


Abstrak

Pada saat ini PT. Dok dan Perkapalan Surabaya mendapatkan proyek pembangunan 2 kapal dengan ukuran yang sama dan dikerjakan dalam waktu yang bersamaan. Kapal yang satu dibangun di building berth sebelah utara dan satu lagi di sebelah selatan. Building berth utara memiliki ukuran 110 x 25,4 m dan building berth selatan memiliki ukuran 90,5 x 24 m. Kapasitas yang dimiliki building berth selatan tidak mencukupi untuk pembangunan kapal dengan panjang yang diminta. Karena keterbatasan fasilitas sehingga kapal dibangun menjadi 2 bagian, bagian yang pertama dengan panjang 90,55 m dan bagian yang kedua dengan panjang 21,84 m. Dengan demikian kapal hanya bisa diluncurkan sebagian saja. Dengan adanya proses peluncuran sebagian ini, sehingga ada beberapa pekerjaan yang harus dilakukan sebelum dan sesudah proses peluncuran dibandingkan dengan peluncuran utuh. Untuk mengetahui pekerjaan-pekerjaan tambahan yang dilakukan sebelum dan sesudah proses peluncuran dalam pembangunan kapal SPB Cement Carrier 8000 ton akibat perubahan dari peluncuran utuh menjadi peluncuran sebagian, akan dilakukan melalui pengamatan dan wawancara secara langsung terhadap proses pembangunan serta analisa terhadap data-data dari gambar desain yang ada. Dari hasil pengamatan, wawancara serta analisa data-data gambar desain yang ada dapat diketahui adanya beberapa pekerjaan tambahan yang harus dilakukan antara lain, pekerjaan tambahan yang dilakukan sebelum dan sesudah proses peluncuran. Pekerjaan tambahan tersebut meliputi, pemasangan dan pemeriksaan sekat temporary dengan tebal plat minimal 9 mm, proses docking kapal, dan proses penggabungan Grand block. Kata kunci : Peluncuran sebagian, Building berth


Abstract

At this time PT. Dok and Perkapalan Surabaya get 2 ship construction projects of a similar size and done in the same time. A ship that was built in the building berth north and another in the south. Building berth north has a size of 110 x 25.4 m and the building berth south has a size of 90.5 x 24 m. The capacity building south insufficient berth for boat building with the required length. Due to limited facilities so that the ship is built into 2 sections, the first section with a length of 90.55 m and a second section with a length of 21.84 m. Thus the boat could be launched only in part. With the launch of this particular process, so there is some work to be done before and after the launch of the launch process compared with intact. To find additional jobs were done before and after the launch of the ship building SPB 8000 ton Cement Carrier due to changes to the launch of the launch of the most intact, will be done through observation and interviews directly to the development and analysis of data from design drawings there. From the observation, interviews and analysis of image data existing designs can be seen that some additional work to be done, among others, additional work is carried out before and after the launch. Additional work includes, installation and inspection of temporary bulkhead thickly minimum plate 9 mm, boat docking process, and the process of merging Grand block. Keyword : Partial launching, Building berth


Detil Peneliti

Dosen Pembimbing 1 :Ruddianto
Dosen Pembimbing 2 : Ruddianto

Program Studi : D3 - TEKNIK PERANCANGAN DAN KONSTRUKSI KAPAL
Angkatan : 2010


Untuk mendapatkan versi full dari dokumen penelitian ini, Anda dapat melihat koleksi Buku Tugas Akhir di Perpustakaan Politeknik Perkapalan Negeri Surabaya pada jam kerja. Atau Anda dapat menghubungi penulis secara personal.