PERHITUNGAN KEBUTUHAN DAYA POMPA BALLAST PADA SISTEM BALLAST DI KAPAL TUNDA BIMA 333

Septianto, Muhammad Rizki (2017) PERHITUNGAN KEBUTUHAN DAYA POMPA BALLAST PADA SISTEM BALLAST DI KAPAL TUNDA BIMA 333. Diploma thesis, POLITEKNIK PERKAPALAN NEGERI SURABAYA.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Pada perusahan tempat penulis melaksanakan OJT terdapat beberapa permasalahan yang terjadi pada kapal-kapal tunda. Khususnya pada kapal tunda bima 333, dimana pompa ballast yang mentransfer air laut ke dalam tanki mengalami penurunan pengisian tanki. Awal mula pengisian mencapai 2 jam, akan tetapi aktual untuk pengisian tanki penuh mencapai 3 jam. Hal tersebut dapat mengganggu operasional dari kapal tunda bima 333 untuk menyandarkan atau manarik kapal. Dalam permasalahan tersebut fokus penelitian ditujukan pada pehitungan kebutuhan pompa ballast. Pada tugas akhir ini yang dihitung perhitungan kapasitas, head losses dan daya pompa secara aktual dilapangan dengan cara mengukur panjang pipa, diameter pipa secara langsung di kamar mesin,. Seluruh perhitungan tersebut menjadi sebuah acuan standart bagi perusahaan untuk menganalisa penurunan daya pompa yang mengakibatkan kapasitas pompa secara otomatis menjadi turun dan menyebabkan pengisian air ballast menjadi lama.. Dari perhitungan manual yang telah dilakukan, diketahui bahwa kapasitas pompa yang sesungguhnya bahwa untuk pengisian air ballast selama 3 jam tersebut mengalami penurunan daya pompa, karena dalam perhitungan manual untuk pengisian air laut selama 2 jam ke tangki-tanki ballast tersebut kapasitas sesungguhnya adalah 29,0674 m 3 /hr, dengan daya pompa 4,772530 kW, Hal tersebut menjadi sebuah alasan perusahaan untuk memperbaiki pompa, atau bahkan mengganti dengan yang baru, dan mempermudah perusahaan untuk dokumentasi ketika melaksanakan inspeksi ulang kapal tunda bima 333. Kata kunci : Kapasitas Pompa, Daya Pompa, Pompa Ballast ABSTRACT At the company where the authors carry out OJT there are several problems that occur on the tugboats. Especially on tugboat 333, where the ballast pump that transfers seawater into the tank has decreased the filling of the tank. Initial charging reaches 2 hours, but actual for full tank charging reaches 3 hours. This may disrupt the operation of tugboat bima 333 to lean or tow the ship. In this case, the focus of the research is to calculate the need of ballast pump. In this final project that calculated the calculation of capacity, head losses and pump power in actual field by measuring the length of the pipe, the diameter of the pipe directly in the engine room. All of these calculations become a standard reference for the company to analyze the decrease in pump power which causes the pumping capacity automatically becomes down and causes the ballast water filling to be long From the manual calculation that has been done, it is known that the actual pump capacity that for charging the water ballast for 3 hours is decreased pump power, because in manual calculation for filling the sea water for 2 hours to the ballast tank the actual capacity is 29,0674 m 3 / Hr, with a pumping power of 4,772530 kW, it becomes a reason for the company to repair the pump, or even replace it with a new one, and simplify the company for documentation when conducting re-inspection of the tugboats bima 333 Keywords: Pump Capacity, Power Pump, Ballast Pump

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: T Technology > T Technology (General)
Divisions: Jurusan Teknik Permesinan Kapal > Teknik Permesinan Kapal
Depositing User: Unnamed user with email repository@ppns.ac.id
Date Deposited: 20 Sep 2018 03:00
Last Modified: 20 Sep 2018 03:00
URI: http://repository.ppns.ac.id/id/eprint/982

Actions (login required)

View Item View Item