Nurpratama, Rinanda (2017) ANALISA PENYEBAB KERUSAKAN TURBOCHARGER MESIN DIESEL MWM TBD 234 V8 MENGGUNAKAN METODE FAULT TREE ANALYSIS. Diploma thesis, POLITEKNIK PERKAPALAN NEGERI SURABAYA.
Full text not available from this repository.Abstract
ABSTRAK Turbocharger adalah kompresor sentrifugal yang didukung oleh turbin yang digerakkan oleh mesin gas buang mesin. Turbocharger biasanya digunakkan untuk meningkatkan output daya dan efisiensi mesin dengan meningkatkan tekanan udara di dalam mesin. Keuntungan menggunakan turbocharger adalah memberikan lebih banyak udara untuk menghasilkan peningkatan tenaga mesin. Gangguan yang sering terjadi pada mesin banyak disebabkan gangguan komponen using dan penggunaan komponen yang sudah tidak memenuhi standar pemakaian. Turbocharger merupakan salah satu komponen yang memerlukan perawatan. Dalam mencegah gangguan yang mungkin terjadi, komponen mesin harus dalam perawatan yang tepat dan menghindari penggunaan kembali komponen yang rusak parah sehingga mengakibatkan kerusakan pada komponen lainnya. Pada tugas akhir ini dianalisa penyebab kerusakan turbocharger dengan menggunakan metode Fault Tree Analysis, prosedur untuk memperbaiki kerusakan, dan menyeimbangkan Turbocharger. Ini adalah metode yang efektif untuk menemukan masalah inti karena menjamin adanya kejadian atau kerugian yang tidak dapat ditiru yang disebabkan oleh masalah tidak berasal dari satu titik kegagalan. Dari metode Fault Tree Analysis penyebab kerusakan turbocharger dikarenakan kerusakan pada bushing mengalami keausan sehingga turbocharger tidak dapat bekerja dengan optimal. Hal ini menyebabkan putaran turbocharger menjadi lemah sehingga daya mesin turun menjadi 228,676 kW. Setelah dilakukan perbaikan daya mesin dapat naik menjadi 248,483 kW, tetapi tidak dapat seperti daya pada saat kondisi standar yang sebesar 261,087 dikarenakan faktor usia pakai mesin. Kata Kunci : Turbocharger, Balancing, Fault Tree Analysis ABSTRACT Turbocharger is a centrifugal compressor that gets power from turbines whose power source comes from exhaust gas engine. Usually used in burning engines to increase power and engine efficiency with increasing the air pressure get in the engine. The advantage of turbocharger is to provide more air to produce a considerable increase in power or engine power. Interference often occurs in many machines due to disruption of components were not satisfying the standard. Turbochargers are also need treatment. To prevent any disruption that should be good care, keep off the reuse of components that have been severely damaged resulting in damage to other components. In this Final Project analysis about the cause of damage to turbocharger using Fault Tree Analysis method, to know how to fix it, and balancing Turbocharger. The Fault Tree Analysis method is an effective method of finding the core problems that occur in the Turbocharger as it is able to ensure that an undersirable event or loss is not originated at a single point of failure..Of the fault tree analysis cause damage turbocharger because damage to with a bushing experienced wear so turbocharger unable to work optimally .This means round turbocharger be weak and power machine fell to 228,676 kw .After conducted the improvement of a machine can be rose to 248,483 kw , but could not be as the power on when conditions standards of 261,087kw because factors life time machine . Keywords: Turbocharger, Balancing, Fault Tree Analysis
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | T Technology > T Technology (General) |
Divisions: | Jurusan Teknik Permesinan Kapal > D3 Teknik Permesinan Kapal |
Depositing User: | Unnamed user with email repository@ppns.ac.id |
Date Deposited: | 20 Sep 2018 02:35 |
Last Modified: | 20 Sep 2018 02:35 |
URI: | http://repository.ppns.ac.id/id/eprint/975 |
Actions (login required)
View Item |