ANALISA PENGARUH VARIASI TEMPERATUR ASPAL TERHADAP PEFORMA POMPA DOUBLE SCREW PUMP DI PT. PERTAMINA (Persero) BITUMEN PLANT GRESIK

Setiawan, Rudy (2017) ANALISA PENGARUH VARIASI TEMPERATUR ASPAL TERHADAP PEFORMA POMPA DOUBLE SCREW PUMP DI PT. PERTAMINA (Persero) BITUMEN PLANT GRESIK. Diploma thesis, POLITEKNIK PERKAPALAN NEGERI SURABAYA.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Aspal memiliki temperatur tinggi yang tidak kurang dari 100ºC bahkan bisa mencapai 150ºC atau lebih. Apabila temperatur aspal menurun, maka semakin besar pula nilai viskositasnya. Viskositas aspal yang besar dapat mempengaruhi peforma pompa dan aliran fluida menjadi lambat. Begitu sebaliknya apabila semakin tinggi temperatur aspal, semakin kecil nilai viskositas aspal, maka semakin baik pula kinerja pompa. Metode penelitian yang digunakan pada pembahasan ini merupakan langkah-langkah penelitian secara berurutan yang dimulai dari pengambilan data dilapangan, perhitungan head, daya dan juga efisiensi pompa. Dari hasil analisa dapat diambil kesimpulan untuk efisiensi pompa 32P1A. Dari hasil perhitungan didapatkan besar head pompa pada temperatur aspal 120°C adalah 128,44 m, pada temperatur 135°C adalah 137,38 m dan pada temperatur 140°C adalah 137,81 m. Daya pompa mengalami penurunan pada temperatur aspal 120°C adalah 47,96 kW, pada temperatur 135°C adalah 51,29 kW dan pada temperatur 140°C adalah 51,45 kW. Dimana pada spesifikasi daya pompa adalah 59 kW. Dan efisiensi pompa menurun pada saat temperatur aspal 120°C adalah 70,40%, pada temperatur 135°C adalah 75,29% dan pada temperatur 140°C adalah 75,53%. Kata kunci : kekentalan aspal, efisiensi pompa, peforma pompa, viskositas, temperatur asphalt. ABSTRACT Asphalt having high temperatures that no less than 100ºC even it can reach 150ºC or more. When temperatures asphalt is dropping, so the viscosity of asphalt is high. When the viscosity of asphalt is high, distribution of will affect has lagged pumps and fluid flow or asphalt to be slow. But when the higher temperatures asphalt, the viscosity asphalt is low, then the performance of pump can be optimal. Research methodology used at a discussion this are steps research respectively that began from the data on the ground, calculation head, power pumps and also efficiency pump. Of the results of the analysis can be taken conclusion to the efficiency of pump 32P1A. From the results calculations get head of pump in temperature asphalt 120°C equal to 128,44 m. in temperature 135°C equal to 137,38 m and in temperature 140°C equal to 137,81 m. Power of pump is dropping in temperature asphalt 120°C equal to 47,96 kW, in temperature 135°C equal to 51,29 kW and in temperature 140°C equal to 51,45 kW. Where power of pump in spesification 59 kW. And the efficiency of pump declined in temperature asphalt 120°C equal to 70,40%, in temperature 135°C equal to 75,29% and in temperature 140°C equal to 75,53%. Keyword : viscous asphalt, efficiency of pump, performance of pump, viscosity, temperatures of asphalt.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: T Technology > T Technology (General)
Divisions: Jurusan Teknik Permesinan Kapal > D3 Teknik Permesinan Kapal
Depositing User: Unnamed user with email repository@ppns.ac.id
Date Deposited: 20 Sep 2018 02:32
Last Modified: 20 Sep 2018 02:32
URI: http://repository.ppns.ac.id/id/eprint/974

Actions (login required)

View Item View Item