EVALUASI KECEPATAN KONDISI SEA TRIAL PATROL BOAT 17,8 METERPT. ORELA SHIPYARD

SARI, AJENG NOVITA (2017) EVALUASI KECEPATAN KONDISI SEA TRIAL PATROL BOAT 17,8 METERPT. ORELA SHIPYARD. Diploma thesis, POLITEKNIK PERKAPALAN NEGERI SURABAYA.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRACK Sejauh ini pembelajaran desain kapal dengan kecepatan tinggi kini menjadi sangat marak untuk dipelajari. Salah satu subyek itu dapat menyelidiki nilai tahanan total. Kapal dengan kecepatan tinggi ini mempunyai empat tahap kondi si ketika dia beroperasi. Dimana kecepatan dimulai dari kondisi kecepatan rendah sampai kecepatan maksimal pada saat sea trial. Penelitian ini dilakukan dengan perhitungan nilai tahanan total dengan metode empirik (Holtrop) dan software applikasi (Maxsurf, Hull speed, AutoCad dan Minitab). Dikarenakan adanya perubahan nilai WSA pada setiap kecepeatan sea trial dengan tinggi sarat dan displasemen kapal yang dianggap konstan maka perlu dirancang suatu metode applikatif yang digunakan sebagai acuan untuk penentuan nilai tahanan total. Hasil dari penelitian ini menunjukkan perbedaan yang tidak signifikan dalam perhitungan nilai tahanan total antara metode empirik dan software aplikasi. Nilai tahanan total pada kecepatan 22,1 knot dengan metode empirik 34757,1393 N, sedangkan pada aplikasi software 34757,371 N. Dengan demikian persetase perbedaan nilai tahanan total antara metode empirik 0,1 % dari aplikasi software. Berkaitan dengan parameter yang saling berhubungan terhadap berubahnya nilai WSA dalam menentukan nilai tahanan dapat diketahui dengan metode Pearson Correlation pada software applikasi Minitab. Kata kunci : Metode Holtrop, metode empirik, RT (Total Resistance ), sea trial,Pearson Correlation ABSTRACT High-speed ship design has now become very lively to learn. One of the subjects was able to investigate the total resistance value. The high-speed vessel has four stages of conditions when it operates. The speed starts from the low speed condition to maximum speed condition when sea trial. This research is done by calculating total resistance value with empirical method (Holtrop) and software application (Maxsurf, Hull speed, AutoCad and Minitab). The change of WSA value in every sea trial with the draft and ship displacement that is considered constant, it is necessary to design an applicative method that is used as a reference for the determination of total resistance value. The results of this study indicate an insignificant difference in the calculation of total resistance values between empirical methods and application software. Total value of resistance at speed 22,1 knot with empirical method 34757,1393 N, while in software application 34757,371 N. Thus the percentage difference of total resistance value between empirical method 0,1% from software application. Relating to the interconnected parameters to the change of WSA value in determining the value of resistance can be known by Pearson Correlation method in Minitab application software. Keywords: Holtrop method, empirical method, RT (Total Resistance), sea trial, Pearson Correlation

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: T Technology > T Technology (General)
Divisions: Jurusan Teknik Permesinan Kapal > D3 Teknik Permesinan Kapal
Depositing User: Unnamed user with email repository@ppns.ac.id
Date Deposited: 19 Sep 2018 06:27
Last Modified: 19 Sep 2018 06:27
URI: http://repository.ppns.ac.id/id/eprint/957

Actions (login required)

View Item View Item