REDESAIN ALUR PIPA SISTEM PELUMAS UNTUK MENINGKATKAN EFISIENSI KEBUTUHAN DAYA PADA POMPA ULIR TRILUB280 DI KAPAL TUNDA BIMA 333

PUTRA, EKO WAHYU BANDRA (2017) REDESAIN ALUR PIPA SISTEM PELUMAS UNTUK MENINGKATKAN EFISIENSI KEBUTUHAN DAYA PADA POMPA ULIR TRILUB280 DI KAPAL TUNDA BIMA 333. Diploma thesis, POLITEKNIK PERKAPALAN NEGERI SURABAYA.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Kapal Tug Boat BIMA 333 memiliki sistem pelumasan pada mesin induk Nigata type 6MG(L) 25HX. Dalam proses pelumasan tersebut oli dialirkan dari tangki penyimpanan menuju ke mesin menggunakan Priming Pump yang berjenis Pompa Ulir ALLWEILER AG type TRILUB280. Alur pipa pada sistem pelumas tersebut mempunyai head loss yang tinggi dan membuat pompa membutuhkan daya yang lebih besar. Sehingga perlu dilakukan redesain sistem pelumas untuk mendapatkan head loss yang rendah dengan beban daya pompa yang lebih rendah. Pada sistem pelumas di kapal TB. BIMA 333 ini memiliki alur yang rumit terdapat valve 3, elbow 90° sejumlah 30 , elbow 45° sejumlah 3, strainer 2, Tee sejumlah 3. Redesain ulang sistem pelumas ini dilakukan untuk mengurangi head loss dengan cara mengurangi panjang pipa, dan mengurangi fitting yang tidak diperlukan. Berdasarkan hasil perhitungan dan analisa yang telah dilakukan dari perhitungan sistem pelumas aktual memiliki head pompa 20,09 m dan head loss 11,42 m. Setelah di redesain sistem pelumas yang baru memiliki head pompa 18,62 m dan head loss 9,24 m. Berkurangnya head pompa dan head loss pada sistem pelumas tersebut akan membuat kebutuhan daya pada sistem pelumas menjadi lebih kecil dari pada desain awal dan beban yang di tanggung pompa menjadi lebih ringan. Kata Kunci : Priming Pump , head losses , head pompa, efisiensi . ABSTRACT Tug Boat BIMA 333 has a lubrication system on Nigata type 6MG (L) 25HX main engine. In the process of lubrication the oil is flowed from the storage tank to the machine using the Priming Pump type Manual Thrust ALLWEILER AG type TRILUB280. The pipeline flow in the lubricating system has a high head loss and makes the pump requires more power. So it is necessary to redesign the lubricant system to get a low head loss with lower pump power load. On lubricant system on board of TB. BIMA 333 has a complicated groove there are valve 3, 90 ° elbow number 30, elbow 45 ° number 3, strainer 2, Tee amounts 3. Redesigned lubricating system is done to reduce head loss by reducing the length of the pipe, and reduce the fittings not required. Based on the calculation and analysis that has been done from the calculation of the actual lubricating system has a pump head 20.09 m and head loss 11.42 m. After the redesign the new lubricating system has a pump head 18.62 m and head loss 9.24 m. Reduced pump head and head loss in the lubricant system will make the power requirements in the lubricant system becomes smaller than the initial design and the load at the pump becomes lighter . Keywords: Priming Pump, head losses, head pump, efficiency

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: T Technology > T Technology (General)
Divisions: Jurusan Teknik Permesinan Kapal > Teknik Permesinan Kapal
Depositing User: Unnamed user with email repository@ppns.ac.id
Date Deposited: 19 Sep 2018 06:18
Last Modified: 19 Sep 2018 06:18
URI: http://repository.ppns.ac.id/id/eprint/953

Actions (login required)

View Item View Item