ANALISA KAPASITAS TEKANAN UDARA PADA AIRBAG SAAT LAUNCHING KAPAL DI PT. DOK PANTAI LAMONGAN

Fatihudin, Moch. Bagus (2017) ANALISA KAPASITAS TEKANAN UDARA PADA AIRBAG SAAT LAUNCHING KAPAL DI PT. DOK PANTAI LAMONGAN. Diploma thesis, POLITEKNIK PERKAPALAN NEGERI SURABAYA.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Airbag merupakan suatu metode yang bisa digunakan untuk meluncurkan kapal dan sarana untuk docking dalam proses kegiatan reparasi yaitu menggunakan balon yang terbuat dari karet dimana balon tersebut berisi udara yang dialirkan dari kompresor. Dalam proses ini adalah cara yang paling alternatif didalam pengedokan, perkembangan teknologi airbag ini sangat fleksibel, mobilitas, aman, dapat dipercaya, tidak banyak aset tertanam, tidak banyak peralatan, proses juga lebih aman dan sudah terbukti menguntungkan dengan resiko relatif lebih rendah. Permasalahan yang terjadi pada kapal tongkang adalah belum direncanakan berupa jumlah airbag pada dilaksanakannya pemasangan jumlah airbag. Airbag harus dipastikan bisa terisi tekanan udara yang sesuai dengan kapasitasnya, dan juga berdasarkan rute yang ada dari tugas akhir penulis Dari hasil perhitungan dapat diketahui diameter airbag adalah 2 m dengan panjang 18 m dan jumlah airbag 18 buah, proses selanjutnya didapatkan kapasitas tekanan airbag sebesar 0,15 Mpa, waktu yang didapatkan untuk proses pengisian seluruh airbag selama 6 jam. Perhitungan dan analisa kapasitas tekanan udara pada airbag tersebut dapat menjadikan referensi untuk perusahaan khususnya proses launching. Kata kunci : Airbag, Docking Undocking, Jumlah airbag, Waktu, launching ABSTRACT Airbag is a method that can be used to launch ship and a means of docking in the process of the repations in a ballon made of rubber where ballon it contains air distributed from crompessor. In this process is the most alternative way in docking, the development of this technology is flexible, mobility, safe, reliable, not many embedded assets, not much care, the process is also more secure and has proven profitable with lower relative risk. Problem that happens in a barge is no planned in the number of airbag on the implementation of launching a ship. Airbag could have to be filled air pressure in accordance with the capacity, and also based on the route of the writters final project. From the results of it can be seen in diameter airbag is 2 m with 18 m long and the number of airbag is 18 airbags, The next process obtained capacity airbag of pressure 0,15 Mpa, Time obtained to the process of filling in all airbag for hours. Calculaiton and analysis of capacity air pressure on the airbag make reference to company especially the process of launching. Keyword : Airbag, Docking Undocking, Number of Airbag, Time. launching.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: T Technology > T Technology (General)
Divisions: Jurusan Teknik Permesinan Kapal > Teknik Permesinan Kapal
Depositing User: Unnamed user with email repository@ppns.ac.id
Date Deposited: 19 Sep 2018 04:07
Last Modified: 19 Sep 2018 04:07
URI: http://repository.ppns.ac.id/id/eprint/939

Actions (login required)

View Item View Item