ANALISA PENURUNAN DAYA (IHP) MAIN ENGINE KT. BIMA 333 AKIBAT TERJADINYA OVERHEAT DAN TURUNNYA TEKANAN INDIKATOR

Darmawan, Octa Putra (2017) ANALISA PENURUNAN DAYA (IHP) MAIN ENGINE KT. BIMA 333 AKIBAT TERJADINYA OVERHEAT DAN TURUNNYA TEKANAN INDIKATOR. Diploma thesis, POLITEKNIK PERKAPALAN NEGERI SURABAYA.

Full text not available from this repository.

Abstract

Abstrak Main Engine kapal merupakan penghasil daya utama yang digunakan untuk memenuhi kebutuhan utama penggerak kapal. Perawatan secara berkala sangat berguna untuk menjaga kondisi mesin tetap baik. Pada batas waktu tertentu atau kondisi tertentu mesin perlu dibongkar untuk dilakukan perbaikan dan penggantian beberapa komponen. Kerusakan beberapa komponen berdampak terhadap turunnya daya mesin, sehingga menyebabkan turunnya performa mesin. Beberapa faktor yang mempengaruhi daya mesin adalah putaran mesin, tekanan indikator, luas penampang silinder, langkah, jumlah silinder dan konstanta. Metode yang digunakan adalah metode deskriptif analisis, dimana data-data yang dikumpulkan penulis dengan cara observasi langsung ke perusahaan dan kelokasi proyek, wawancara dan studi literatur pustaka diolah, yang kemudian dianalisis sehingga dapat diperoleh hasil yang akurat pada perbaikan kapal KT. BIMA 333 Dari hasil penelitian dan data yang diperoleh performa KT. Bima 333 mengalami penurunan 20,625% dari kondisi standartnya. Penyebab turunnya performa mesin ini adalah rpm dan tekanan indikator mengalami penurunan. Setelah dilakukan perbaikan berupa general overhaul, performa mesin mampu bekerja hingga 98,74% mendekati kondisi standart. KataKunci : Daya, Kapal Tunda, Main Engine, Overhaul Abstract Main Engine ship is the main power producer that is used to meet the main needs of ship propulsion. Regular maintenance is very useful to keep the engine condition well. At a certain time limit or certain conditions the machine needs to be dismantled for repair and replacement of some components. Damage of some components impacted the decrease of engine power, causing the decrease of engine performance. Some factors that affect engine power are engine rotation, indicator pressure, cylinder cross-sectional area, step, number of cylinders and constants. The method used is descriptive method of analysis, where the data collected by the author with a direct observation to the company and the project location, interview and literature study processed libraries, which then analyzed so as to obtain accurate results on the improvement of ship KT. BIMA 333 From the results of research and data obtained performance KT. Bima 333 has decreased 20.625% from its standard condition. The cause of the decline in engine performance is the rpm and the indicator pressure decreased. After the improvement of general overhaul, engine performance can work up to 98.74% close to standard conditions. Keywords: Tug Boat, Main Engine, Power, Overhaul

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: T Technology > T Technology (General)
Divisions: Jurusan Teknik Permesinan Kapal > Teknik Permesinan Kapal
Depositing User: Unnamed user with email repository@ppns.ac.id
Date Deposited: 19 Sep 2018 03:57
Last Modified: 19 Sep 2018 03:57
URI: http://repository.ppns.ac.id/id/eprint/936

Actions (login required)

View Item View Item