ESTIMASI KEBUTUHAN CAT PADA REPARASI KAPAL RO-RO DI GALANGAN SURYA PT. PELNI

Rahmadianto, Satria Yahya (2017) ESTIMASI KEBUTUHAN CAT PADA REPARASI KAPAL RO-RO DI GALANGAN SURYA PT. PELNI. Diploma thesis, POLITEKNIK PERKAPALAN NEGERI SURABAYA.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Reparasi kapal merupakan hal penting yang harus dilakukan secara rutin dan terjadwal guna memastikan setiap kapal bisa berlayar dan beroperasi dengan baik. Salah satu hal yang sangat penting pada reparasi kapal ialah pengecatan. Hal ini dilakukan untuk menghindarkan pelat dari karat atau korosi. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui proses pengecatan sesuai prosedur yang benar, menghitung konsumsi kebutuhan cat pada daerah lambung kapal dan lama waktu yang dibutuhkan dalam pengerjaan cat pada Kapal Ro-Ro. Tugas akhir ini termasuk dalam kategori penelitian deskripsi karena tidak menggunakan uji hipotesis tertentu yaitu dengan mengambil data apa adanya yang berhubungan dengan penelitian ini sehingga hanya menggunakan teknik analisis deskriptif. Data – data yang diperoleh dari Galangan Surya PT.Pelni yaitu berhubungan dengan Kapal Ro-Ro. Selain itu juga melakukan wawancara serta studi literatur berupa buku dan internet. Hasil dari estimasi kebutuhan cat secara sistematis yaitu kebutuhan cat pada daerah bottom dengan luas area 630,4 m 2 yakni 2 AC x 1 AF sebesar 558,203 liter dan thinner sebesar 29,379 liter. Kebutuhan cat pada daerah boottop dengan luas area 113,04 m 2 yakni 2 AC x 1 boottop sebesar 91,042 liter dan thinner 4,792 liter. Kebutuhan cat pada daerah topside dengan luas area 121,88 m 2 yakni 2 AC x 1 topside sebesar 98,160 liter dan thinner 5,166 liter. Proses pengecatan ulang sesuai prosedur mulai dari pemeriksaan awal hingga perlindungan tambahan. Total lama pengerjaan pengecatan daerah lambung Kapal Ro-Ro diperoleh 17,310 jam. Kata Kunci: Proses Pengecatan, Estimasi Kebutuhan Cat, dan Waktu Pengerjaan Pengecatan ABSTRACT Ship repair is the important thing that should be done regularly and scheduled to ensure each ship can sail and operate properly. One of the things that is very important at refit of the ship is the painting. This is done to prevent plates from r ust or corrosion. This research was conducted to find out the process of painting the correct procedure, according to the calculation on the consumption needs of the paint on the hull of the ship and the length of time required in the manufacture of paint on Ro-Ro Ship. This final project, included in the research category descriptions for not using a particular hypothesis testing with source taking is related to this research so as to use only the descriptive analysis techniques. The data of this research obtained from Surya Shipyard PT.Pelni concerning with Ro-Ro Ship. Interviews were also conducted as well as the study of literature in the form of books and the internet. The results of the estimation the needs of paint systematically needs paint on the bottom area with an area of 630.4 m 2 is 2 AC x 1 AF 558.203 liters and thinner 29.379 liters. It also needs paint on the boottop with area 113.04 m 2 is 2 AC x 1 boottop 91.042 liters and thinner 4.792 liters. In addition, it also needs paint on the topside with an area of 121.88 m 2 is 2 AC x 1 topside 98.160 liters and thinner 5.166 liters. The painting process according to the procedure starts from initial inspection to additional protection. Total long painting workmanship bilge area of Ro-Ro Ship retrieved 17.310 hours. Keyword: Process of Painting, Paint needs Estimation, and Time Painting Work

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: T Technology > T Technology (General)
Divisions: Jurusan Teknik Bangunan Kapal > Teknik Perancangan dan Kontruksi Kapal
Depositing User: Unnamed user with email repository@ppns.ac.id
Date Deposited: 19 Sep 2018 03:46
Last Modified: 19 Sep 2018 03:46
URI: http://repository.ppns.ac.id/id/eprint/931

Actions (login required)

View Item View Item